Pembebasan Lahan Fly Over Dipatok Clear selama Lima Bulan

  • Bagikan
17e7095a lahan


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) hanya memiliki waktu lima bulan untuk pembebasan lahan, sebelum proses lelang tender pembangunan jalan layang (Fly Over) yang akan menghubungkan Jalan MP Mangkunegara – Jalan Basuki Rahmat digelar pada November 2021 mendatang.

Kepala Dinas PU-BM, Darma Budhi mengatakan, pihaknya bertanggung jawab membebaskan lahan seluas 71 persil yakni dari arah Simpang Sekip – jalan Underpas arah Pusri. Sedangkan sisanya seluas 17 persil dari arah Simpang Polda – Simpang Sekip menjadi tanggug jawab Pemerintah kota Palembang. Pada bagiannya tersebut, akan terselesaikan paling lambat tiga bulan.

Baca Juga :  Pasein Positif Covid-19 Bertambah 3. Total Menjadi 13, Warga Lubuklinggau Diminta Waspada

“Proses pembebasan lahan dengan membayarkan uang ganti rugi kepada warga pemilik lahan. Sudah berjalan selama seminggu. Sekarang kami sudah membebaskan lahan seluas 16 persil. Kemudian kota juga sudah seluas 7 persil lahan sudah lakukan pembayaran. Sebelum tender digelar, dua-tiga bulan kedepan lahan sudah bebas,” jelas Budi saat dikonfirmasi cakrawalarafflesia, Jumat (4/6).

Ia mengungkapkan, proses negosiasi pengambilalihan lahan berjalan lancar lantaran warga masyarakat diwilayah tersebut cukup koopratif. Dana yang dianggarkan untuk proses ini total sebesar Rp 80 Miliar. Masing-masing Rp 56 Miliar dari Pemprov Sumsel dan Rp24 Miliar Pemkot Palembang.

Baca Juga :  Samsat Keliling di Kabupaten Kepahiang Masih Minim Peminat

“Nilai yang dikeluarkan untuk 16 persil tadi sebesar Rp 9 Miliar itu untuk pembayaran tahap pertama. sebanyak 7 persil lagi dengan nilai Rp9,5 miliar,” tambahnya.

Pembangunan fisik Jembatan Layang terebut menjadi tanggung jawab Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang, lantaran merupakan proyek pembangunan nasional. Nantinya memiliki panjang 660 Meter dan lebar tengah seluas 270 Meter dengan total angaran Rp250 Miliar.

“November 2021 ini BBPJN melakukan tender dulu, jadi baru di tahun 2022 secepatnya kita jalankan. Lama pengerjaan akan multiyears 16 bulan, dengan total anggaran 250 miliar rupiah,”tandasnya. (Bim)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan