HD – Emil Proaktif Manfaatkan Ladang Migas Tua Untuk Tingkatkan Ekonomi Daerah – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
0958a31a pasar


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tuan rumah kegiatan rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). Rakernas dipimpin langsung oleh Ketua ADPMET, Dr H Ridwan Kamil ST dan dihadiri para Wali Kota dan Bupati se-Indonesia sebagai pesertanya. Pada Kamis (3/6) di Wyndham Hotel, Jakabaring, Palembang.

Ketua ADPMET, Dr H Ridwal Kamil ST mengatakan, dalam rakernas tersebut membagas banyak hal terkait pemanfaatan energi migas dan energi terbarukan. Untuk menopang kebutuhan masyarakat daerah secara optimal dan berkesinambungan.

“Rapat kerja nasional (Rakernas) daerah penghasil migas energi terbarukan ini untuk merumuskan rencana kerja kami mendatang. Tujuan utamanya bagaimana sektor migas ini dapat menjamin kebutuhan masyarakat daerah secara optimal dan berkesinambungan,” kata Kang Emil. Pada Rabu (2/6) malam, saat jamuan makan malam di Griya Agung, Palembang.

Baca Juga :  Libatkan 14 Kantor, Lazismu Kota Palembang Galang Dana untuk Palestina – cakrawalarafflesia

Gubernur Jawa Barat ini pun menjelaskan, asosiasi yang Ia pimpin tersebut bermisi besar. Yakni merealisasikan asas keadilan yang termaktum di sila ke lima Pancasila untuk masyarakat daerah. Dengan cara akan memperjuangkan pemanfaatan ladang-ladang minyak bumi dan gas yang sudah tua atau tidak optimal lagi di Pertamina dan lainnya, lalu dikelolah secara mandiri oleh BUMD.

“Hal ini terlihat mudah diucapkan tapi butuh perjuangan luar biasa. Sehingga nanti kesejahteraan bisa menetes ke daerah secara langsung. Kita juga memperjuangkan bagi hasilnya, lalu dampak positif-nya dirasakan langusung oleh masyarakat,” beber Kang Emil.

Kang Emil menambahkan Jawa Barat cukup sukses menerapkan program bagi hasil pemanfaatan migas tersebut, mereka per tahunnya bisa membukukan pendapatan Rp 300 Miliar atau 10 persen dari skema participating interest itu.

Baca Juga :  Pengemudi Ojol Palembang Patah Tangan dan Kaki Setelah ditabrak CRV

“Baru Jawa Barat dan Kalimantan timur yang berhasil mendapatkan bagi hasil dari investor atau participating intersest 10 persen. Jadi akan mengajak provinsi lain belum untuk memperjuangakan hal tersebut dan demi kemaslahatan masyarakat,” tambahnya lagi.

Sementara selaku tuan rumah Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru pastikan bahwa Sumsel proaktif dengan inisiasi yang akan di kerjakan oleh ADPMET. Yaitu memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat daerah.

“Hasil pemanfaatan sumber daya alam itu harus menjadi linier dengan kesejahteraan masyarakat. Ini tentu butuh kekuatan dan dorongan untuk bersatu diantara penghasil migas termasuk Sumsel,” tegas Deru.

“Setelah program pemanfaatan ini berjalan untuk migas, Ke depan dan Insy Allah merambah ke sektor pangan. Tidak lagi supaya semakin terasa manfaatnya bagi masyarakat,” tandas Deru (Bim)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan