Cara Sembunyikan Riwayat Aktivitas di Akun Google Biar Informasi Pribadi Lebih Aman

  • Bagikan
3132e89a sembunyikan aktivitas google header

Sembunyikan Aktivitas Google Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Para pengguna kini dapat menyembunyikan seluruh catatan aktivitas yang tersimpan di akun Google agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang bahkan melalui perangkat pribadi mereka.

Google beberapa waktu lalu telah menambahkan proteksi ekstra pada halaman peninjauan aktivitas (My Activity) yang memungkinkan seseorang mengamankan informasi dengan kata sandi.

Saat mengaktifkan opsi tambahan ini, informasi mengenai riwayat aktivitas akan disembunyikan dari halaman My Activity sampai pengguna memverifikasi bahwa dirinya sebagai pemilik akun yang sah.

Baru setelah memasukkan kembali kata sandi akun, halaman akan menampilkan seluruh aktivitas yang tersimpan dari mulai riwayat penelusuran halaman web, video di YouTube, hingga lokasi dari Google Maps.

Untuk mengaktifkan proteksi tambahan ini, kamu bisa langsung mengunjungi halaman peninjauan aktivitas. Buat kamu yang belum tahu, begini ulasan lengkap mengenai cara melakukannya.

Baca Juga :  Kode Redeem ML 2 Juli 2021, Ayo Tukar Hadiah Gratisnya

Cara Sembunyikan Riwayat Aktivitas di Akun Google

  1. Buka halaman https://activity.google.com dengan peramban seluler maupun desktop
  2. Klik tombol Sign in lalu masuk dengan akun yang akan di atur jika diperlukan
    Sembunyikan Aktivitas Google 1
  3. Gulir ke bawah
  4. Cari dan pilih menu Manage My Activity Verification
    Sembunyikan Aktivitas Google 2
  5. Pilih opsi Require extra verification pada jendela menu yang muncul
    Sembunyikan Aktivitas Google 3
  6. Ketuk tombol Save
  7. Masukkan kata sandi akun yang digunakan

Setelah berhasil, halaman My Activity untuk akun terkait akan berubah menjadi kosong. Informasi mengenai riwayat penelusuran situs, video, hingga lokasi akan disembunyikan dan halaman menampilkan keterangan “To see your full history, verify it’s you”.

Sementara jika di kemudian hari ingin melihat informasi penuh mengenai riwayat aktivitas, kamu hanya perlu mengunjungi bagian bawah halaman My Activity. Di sana, kamu akan menemukan opsi Verify.

Sembunyikan Aktivitas Google 4

Kamu cukup mengetuk opsi ini kemudian memasukkan kata sandi sesuai akun Google yang digunakan jika ingin mengakses kembali informasi-informasi mengenai riwayat aktivitas.

Baca Juga :  Klasemen MSC 2021 Usai Penyisihan Grup Hari Kedua

Namun sayangnya, perlu sedikit ditekankan bahwa opsi proteksi tambahan ini hanya berlaku untuk halaman My Activity. Berbagai macam riwayat akun tetap akan muncul pada produk Google terkait untuk memudahkan pengguna dalam menikmati layanan.

Karenanya jika memang ingin riwayat aktivitas diketahui oleh orang lain, para pengguna bisa menghapusnya secara langsung dari masing-masing produk seperti laman pencarian Google atau layanan YouTube yang umumnya dapat dilakukan dengan cara yang berbeda.

Informasi mengenai riwayat aktivitas memang sangat sensitif. Bagi saya pribadi, opsi ini bakal cukup membantu apalagi seseorang bisa masuk dengan mudah pada akun Google yang tersimpan di perangkat seperti handphone Android tanpa perlu mengetikkan kembali kata sandi atau kredensial terkait.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL