LIPI Teliti Ekstrak Jamur untuk Lawan Virus Corona Pemicu COVID-19

  • Bagikan
cf34928b 52284 jamur



52284 jamur

cakrawalarafflesia – Peneliti Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Andria Agusta mengatakan ada dua macam ekstrak endofit dari jamur Indonesia yang menunjukkan aktivitas biologis untuk anti SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Dari sedikit screening kami menemukan dua jenis ekstrak jamur yang dapat menghambat pertumbuhan SARS-CoV-2 secara in vitro,” kata Andria dalam seminar virtual “International Webinar on Natural Products and Tropical Medicine”, Jakarta, Rabu.

LIPI melakukan penelitian untuk eksplorasi metabolit anti-infeksi dari jamur endofit Indonesia.

Baca Juga :  Kode Web Browser Pertama Berners-Lee Dilelang

Andria menuturkan dari proses screening terhadap lebih dari 100 jenis ekstrak endofit dari koleksi atau perpustakaan ekstrak yang dibentuk LIPI, menunjukkan adanya aktivitas untuk antimalaria dan anti SARS-CoV-2.

Baca Juga:
Pakar WHO Rusia Tepis Anggapan Asal Usul COVID-19 Buatan Manusia

“Sejenis ekstrak endofit menunjukkan aktivitas antimalaria yang kuat. Dan ada dua macam ekstrak endofit menunjukkan anti SARS-CoV-2,” tutur Andria yang merupakan lulusan Universitas Fukuyama di Jepang.

Baca Juga :  Bukti Baru Xi Jinping Akan Lebih Galak ke Alibaba, Tencent Cs

Proses screening tersebut dilakukan dengan berkolaborasi dengan beberapa institusi riset.

Andria menuturkan isolasi dan karakterisasi matabolit yang menunjukkan aktivasi antivirus itu sedang diselidiki di laboratorium LIPI.

Andria menuturkan penelitian masih terus berlanjut untuk menemukan lebih banyak potensi untuk kandidat bahan baku obat ke depan untuk mendukung upaya pengobatan penyakit termasuk malaria. [Antara]

Baca Juga:
Terapis Seks: Berhubungan Seks Sekali Seminggu Bikin Pasangan Lebih Bahagia & Puas





cakrawalarafflesia

  • Bagikan