Belum Siap, Peluncuran Penerus Teleskop Hubble NASA Ditunda

  • Bagikan
feb1e246 45236 james webb space telescope


cakrawalarafflesia – NASA kembali menunda peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST), yang disebut-sebut sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Awalnya, JWST dijadwalkan untuk diluncurkan pada 31 Oktober. Tampaknya, badan antariksa akan menunda peluncurannya hingga November.

Setelah tim misi membuka cermin emas raksasa JWST dalam tes pra-peluncuran terakhir pada Mei, teleskop tersebut akan dikirim ke Kourou, Guyana Prancis, pada Agustus.

JWST akan diluncurkan ke luar angkasa dengan bantuan roket Arianespace Ariane 5 dari Pusat Antariksa Guyana.

Baca Juga :  TikTok Bicara Tren Saat Ramadan Semasa Pandemi

Baca Juga:
NASA Akan Luncurkan 2 Misi Baru ke Venus

Penundaan peluncuran ini diumumkan selama konferensi pers pada 1 Juni.

Seorang jurnalis dari Space Intel bertanya, jika JWST dikirim pada Agustus, maka mungkin diperlukan waktu hingga November agar teleskop siap diluncurkan.

Teleskop Hubble. [Hubblesite.org]
Teleskop Hubble. [Hubblesite.org]

Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi NASA untuk sains, mengonfirmasi saran kerangka waktu tersebut, tetapi tidak secara eksplisit menyatakan tanggal peluncuran baru.

Manajer proyek JWST, Bill Ochs, juga menambahkan bahwa peluncuran JWST tidak terikat pada jendela waktu dan bisa diluncurkan kapan pun.

Baca Juga :  Perjalanan Karir RRQ Albert di Pro Scene

“Peluncuran teleskop ini tidak seperti misi planet yang memiliki jendela waktu tertentu. Jendela peluncuran kami hampir setiap hari. Penundaan akibat cuaca atau jenis penundaan apa pun mungkin terjadi,” kata Ochs, dikutip dari Space.com, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga:
Penjelajah Perseverance NASA Rayakan 100 Hari di Mars

JWST akan dipindahkan ke Guyana Prancis menggunakan kapal, mengingat ukurannya yang sangat besar.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan