Usia, Cara Bernapas hingga Reproduksi

  • Bagikan
15d27033 49380 dugong mati ditemukan terdampar di pantai bawean



49380 dugong mati ditemukan terdampar di pantai bawean

cakrawalarafflesia – Dugong atau biasa disebut dengan duyung, merupakan satu dari 35 jenis mamalia laut yang hidup di beberapa perairan Indonesia. cakrawalarafflesia telah merangkum 6 fakta menarik dugong atau duyung dalam tulisan ini.

Dugong memiliki nama ilmiah Dugong dugon dan merupakan anggota ordo Sirenia yang areanya tidak terbatas di perairan pesisir. Istilah dugong diambil dari bahasa Tagalog, “dugong” yang berasal dari bahasa Melayu. Duyung atau duyong memiliki arti perempuan laut. Ingin tahu lebih banyak seputar dugong? Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dugong yang harus diketahui.

Fakta-Fakta Menarik dan Unik Tentang Dugong

Baca Juga :  Bertabur Promo! Tri Indonesia Hadirkan Program Ramadhan Berkah Berlipat

1. Ukuran Tubuh Dugong

Baca Juga:
Beda Dugong, Pesut, dan Lumba-Lumba, Jangan Salah Lagi

Dugong merupakan salah satu hewan dengan ukuran tubuh cukup besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3 meter dan memiliki berat hingga 450 kg. Dugong memiliki sepasang anggota badan bagian depan yang menyerupai sirip sebagai keseimbangan dan untuk berenang sepanjang laut. Selain itu, mata dugong sangat kecil dan dapat memproduksi air mata.

2. Usia Dugong

Dugong tergolong hewan laut dengan angka harapan hidup tinggi. Dugong mulai dewasa pada umur 10 tahun. Usia hewan laut ini rata-rata bahkan bisa mencapai 70 tahun.

Baca Juga :  Jajaran Laptop Rp 5 Jutaan Bertenaga, Gak Perlu Keluar Banyak Biaya Untuk Dapat yang Bagus

3. Cara Dugong Bernapas 

Dugong (duyung) hanya mempu menyelam selama 6 menit dan harus muncul ke permukaan untuk bernapas. Kadang-kadang, mamalia ini berada dalam posisi seperti berdiri dengan kepala berada di atas air untuk bernapas.

Baca Juga:
Dugong Mati Terdampar di Bawean, Ada Luka Bekas Tembakan

Dugong mampu berenang dengan kecepatan 10 hingga 22 km/jam. Gerakannya lambat dan menyebabkan dugong sering menjadi mangsa bagi para predator. Predator alami dugong mulai dari hiu besar, buaya air asin, dan paus pembunuh.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan