Gaji Ke-13 ASN Kab Kepahiang TA 2021 Terancam Tidak Cair

  • Bagikan
f4b032fc dika kepala bkd kabupaten kepahiang damsi a s 2 1170x700 1

KepahiangUsai menerima Tunjangan Hari Raya (THR), seperti biasa dalam waktu tidak terlalu lama maka Aparatur Sipil Negara (ASN) juga akan menerima gaji ke 13. Namun harapan ASN mendapatkan gaji ke 13 ini bakal berujung kekecewaan. Pasalnya, berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang belum lama ini diterima BKD Keuangan Kabupaten Kepahiang menginformasikan kalau gaji ke 13 tahun 2021 terancam tidak cair atau tidak dibayarkan.

Hal ini dibenarkan Kepala BKD Keuangan Kabupaten Kepahiang, Damsi A, S.Sos.
Disampaikannya, dalang dari terancam tidak dibayarkannya gaji ke 13 adalah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih terjadi saat ini.

Tidak hanya Kementerian Keuangan, SE yang menginstruksikan penghematan anggaran ini juga melibatkan beberapa kementerian lainnya. Sehingga dengan adanya SE ini, lanjut Damsi, gaji ke 13 ASN tahun anggaran 2021 berpotensi tidak dibayarkan. “Oleh sebab itu ada potensi gaji 13 tidak bisa dibayarkan,” terang Damsi.

Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan IRT Sosokan Baru Ditembak di Lubuklinggau

Selanjutnya Kabid Anggaran BKD Keuangan Kabupaten Kepahiang, Dede Candira, S.Sos, M.Ak menambahkan, SE dari kementerian itu menegaskan supaya segera meminimalisir pengeluaran keuangan dengan berbagai macam sumber penghematan. Salah satu itemnya adalah gaji 13 ASN.

Tapi untuk memastikan SE benar diberlakukan atau tidak, masih menunggu instruksi lanjutan dan aturan turunannya.
Dikatakan Dede, biasanya gaji ke 13 ASN baru bisa dibayarkan Juni menjelang tahun ajaran baru. Sebab menurutnya program gaji 13 dialokasikan khusus untuk menopang keperluan ASN untuk menyekolahkan anak.

Baca Juga :  Video 'Hancurkan Risma' di Laporkan Emak-emak ke Bawaslu

“Dengan alasan pandemi serta belajar yang mayoritas tidak dilakukan dengan cara tatap muka di sekolah, menjadi salah satu pertimbangan kementerian tidak membayarkan gaji ke 13 tahun 2021 ini.
Untuk di Kabupaten Kepahiang sendiri besaran gaji ke 13 sama dengan jumlah gaji bulanan ASN yang mereka terima. Totalnya kisaran Rp 13 miliar lebih,” tutupnya.

melansir Radar Kepahiang

  • Bagikan