Food Estate Solusi Masalah Pertanian – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
568b27c3 foodestate


cakrawalarafflesia, INDRALAYA – Gubernur Sumsel H Herman Deru turut mendampingi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, pada acara Kick Off Food Estate “Petani Bela Negeri” Agrosolution Sumatera Selatan di Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (28/5).

Dalam kesempatan tersebut, HD mengungkapkan bahwa Provinsi Sumsel mempunyai persoalan yang sama dengan daerah lainnya, seperti soal lahan, masalah pupuk, produktivitas, dan market. Untuk itu, dia berharap, melalui food estate sebagai komitmen serius Pemprov Sumsel untuk lebih ingin tahu dan memberikan solusi permasalahan yang ada di lahan pertanian setiap kabupaten.

“Misalkan, untuk daerah yang bisa diekstensifikasi dan intensifikasi namun harus ada jaminan seperti pasar dan penyediaan pupuk bagi petani,” kata HD.

Menurut dia, pupuk organik butuh cara dan waktu untuk sampai ke lokasi tanam maka perlu pendampingan. Kemudian, Sumsel beraneka berbagai komoditas namun sebaiknya bisa dilakukan seragaman varietas dengan terbentuknya klaster-klaster.

Terkait lima kabupaten yang termasuk dalam program food estate ini, HD menginstruksikan kepala daerahnya harus bekerja keras, kerja serius dalam berkontribusi mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Lima daerah di Sumsel ini berkontribusi dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pangan pokok bagi 273 juta penduduk Indonesia,” ucap HD.

Adapun kelima daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, OKU Timur, OKU Selatan, dan Banyuasin. Ditambahkannya, bermitra dengan Pupuk Sriwidjaja menjadi solusi yang dilakukan pemerintah dalam menjamin ketersediaan pupuk.

“Semua pihak bergotong-royong menyerap padi petani. Kita membeli dengan Bulog. Tujuannya untuk menjamin penyerapan hasil panen petani Sumsel,” pungkasnya. (ety)





Melansir Sumeks co

Baca Juga :  Gubernur Dukung Kejurda Tenis Meja PTMI Sumsel
  • Bagikan