Ekspor Buah Kelapa Diharapkan Bisa Membantu Bangkitnya Nilai Ekonomi Petani – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
4d99d762 kelapo


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru memberikan apresiasi kepada BUMD Sumsel dan PT Sriwijaya Agro Industri (SAI) sudah melakukan launching perdana ekspor kelapa. Ekspor buah kelapa diharapkan bisa menumbuhkan dan membangkitkan nilai ekonomi petani di Sumsel.

“Launching ekspor buah kelapa yang terlaksana menjadi stimulat bagi berkembangnya industri kelapa yang dibuat oleh petani kita. Saat ini esksisting lahan kelapa yang sudah produktif itu sudah di atas 30 ribu hektar,” kata Herman Deru dalam sambutannya di launching perdana ekspor buah kelapa di PT Sriwijaya Agro Industri (SAI), Jl Kolonel H Barlian, Jumat (28/5).

Baca Juga :  15.038 Data KIA Kabupaten Kepahiang Sudah Terinput

Deru juga mengatakan, bahwa BUMD didirikan bukan untuk pesaing bagi usaha sejenis, namun harus mempunyai peran untuk memediasi di berbagai kepentingan. Dapat bermitra atau bahkan membangun sendiri industri hiliradi dari berbagai komoditas yang dihasilkan petani.

Sementara itu, H Arkoni MD, SIp mengatakan, negara tujuan ekspor buah kelapa sendiri yaitu Thailand. Ekspor dengan lima kontainer, satu kontainer berisi kurang lebih 27 ton kelapa.

Baca Juga :  Catatan Harian Jurnalis Positif Covid-19 Selama Dikarantina (Bagian Pertama)

“Bahwa untuk saat ini PT SAI juga sudah mendapatkan permintaan sabut kelapa dan tempurungnya dari negara luar. Dengan adanya ekspor buah kelapa,” terangnya.

Dirinya berharap dapat membantu petani kelapa di Sumsel. “Kita berharap dengan adanya ekspor ini, dapat membantu bangkitnya nilai ekonomi bagi petani buah kelapa yang ada di Sumsel,” tutupnya.(mg4)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan