Berapa Ukuran Pas Konten Story Instagram Biar Gak Kepotong? Ini Uraiannya!

  • Bagikan
6d0dfc6f berapa ukuran story instagram header

Berapa Ukuran Story Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Agar konten yang akan dibagikan dapat tampil dengan baik, para pengguna tentu saja harus mengetahui secara pasti format gambar atau video dari layanan yang menjadi medianya.

Termasuk di dalamnya, pengguna harus memahami berapa ukuran teknis dari layanan tersebut supaya konten tidak terpotong maupun jenis berkasnya untuk memastikan apa yang akan dibagikan dapat terunggah dengan baik.

Menggunakan Story di Instagram pun harus demikian. Selain harus menemukan aplikasi pas untuk membuatnya, pengguna juga perlu mencari tahu format konten yang sesuai dengan spesifikasi teknis dari fitur populer layanan sosial media milik Facebook itu.

Apalagi seperti apa yang kita tahu, Story mempunyai bentuk yang sangat jauh berbeda dengan Feeds di Instagram. Alih-alih berbentuk persegi, konten di dalamnya dirancang untuk dapat memenuhi ukuran layar handphone.

Konten Story tentunya akan tampil secara berbeda pada setiap handphone karena hal tersebut. Namun supaya bisa tetap maksimal, berikut rincian spesifikasi teknis dari fitur milik Instagram itu.

Baca Juga :  BlackBerry Bakal muncul lagi, dengan ponsel 5G

Berapa Ukuran Story Instagram?

Persyaratan Teknis

AspekGambarVideo
Lebar Minimal500 piksel500 piksel
Ukuran File Maksimal30MB4GB
Durasi1 – 15 detik
Tipe FileHampir Semua Jenis GambarHampir Semua Jenis Video

Story Instagram memang hampir mendukung semua bentuk dan desain ukuran konten. Hanya saja sebaiknya para pengguna perlu membuat gambar atau video sesuai persyaratan teknis yang ditawarkan.

Persyaratan teknis Story Instagram untuk konten berjenis gambar dan video menariknya cukup berbeda. Pengguna dapat melihat ringkasan dalam tabel di atas agar lebih mudah untuk memahaminya.

Namun agar mendapatkan tampilan lebih maksimal, pengguna dapat menyesuaikan ukuran konten sesuai dengan berbagai macam handphone masa kini. Kurang lebih berikut rekomendasi yang bisa diikuti.

Rekomendasi Desain

AspekGambarVideo
Rasio9:169:16
Tipe FileJPG atau PNGMP4, MOV, atau GIF
Ukuran Minimal1080 x 1080 piksel1080 x 1080 piksel
Ukuran Teks Utama125 character125 character
Baca Juga :  Update! Satu Akun WhatsApp Bisa Dipakai 4 Perangkat Sekaligus

Sebagai tambahan informasi, aspek 9:16 merupakan rasio layar dari kebanyakan handphone saat ini. Para pengguna dapat membuat gambar atau video dengan perbandingan lebar dan panjang yang serupa.

Jika melihat ukuran minimal yang direkomendasikan, maka pengguna dalam hal ini misalnya dapat membuat gambar atau video dengan ukuran minimal 1080 x 1920 piksel atau lebih tinggi asalkan masih menggunakan rasio serupa.

Selain itu, pengguna juga perlu menghindari pemasangan teks, logo, atau elemen penting lainnya pada sekitar 14 persen (250 piksel) di bagian atas dan bawah konten supaya tidak tertutup bagian-bagian dari menu Story Instagram.

Memperhatikan ukuran desain dari konten yang akan dibagikan memang sangat penting. Hanya saja, pengguna tentunya tak boleh melewatkan tampilan dari gambar atau video itu sendiri supaya hasilnya bisa lebih menarik.

gadget trend

  • Bagikan