Petualangan Di Belanda Usai, Yussa Ungkap Alasannya Pilih Persis Solo

  • Bagikan
b3da838f petualangan di belanda usai yussa ungkap alasannya pilih persis solo


Berita Liga 2 Indonesia: Sempat malang melintang di kompetisi junior Negeri Kincir Angin, Belanda sejak usia 8 tahun, Yussa Nugraha akhirnya memutuskan untuk pulang kampung ke Indonesia dan bergabung dengan klub Liga 2 Indonesia, Persis Solo.

Klub yang kini dimiliki oleh putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangerab itu akan jadi klub Indonesia pertama untuk pemain kelahiran 21 Maret 2001 tersebut.

Yussa Nugraha sendiri diketahui mulai berlatih dengan klub Den Haag, VV Haagsehout ketika masih berusia 8 tahun atau 2010 silam. Dia berpindah ke klub sekota, SVV Scheveningen dan berhasil membawa klub tersebut promosi ke Hoofdklasse (liga amatir tertinggi kedua di Belanda) setelah menjadi runner-up pada musim 2013/2014.

Pada musim berikutnya, dia direkrut SC Feyenoord dan bergabung dengan skuad SC Feyenoord C1 atau U-15. Di musim pertamanya pada 2014/2015, ia mencatatkan prestasi gemilang dengan mengukir namanya sebagai top skor klub usai berhasil 18 kali merobek jala lawan. Karirnya bersama SC Feyenoord terus berlanjut dan terhenti sejenak pada 2018, ketika dirinya menderita cedera PCL (Posterior Cruciate Ligament) saat bermain bersama tim U-18. Hal ini memaksanya menepi selama 10 bulan untuk menjalani masa penyembuhan.

Setelah kembali pulih, pemain yang berposisi sebagai winger tersebut memutuskan untuk kembali ke Den Haag dan hijrah ke klub kasta empat Liga Belanda, HBS Craeyenhout. Bermain bersama tim U-19, Yussa Nugraha mampu tampil sebanyak 9 kali serta menyumbang tiga gol dan empat assists sebelum pandemi Covid-19 melanda dan menghentikan liga di Belanda. Kini kontraknya bersama HBS Craeyenhout telah habis dan ia memutuskan kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan Persis Solo.

Keputusannya bergabung dengan tim berjuluk Laskar Samber Nyawa itu tidak lepas dari keinginannya untuk memperkuat tim tanah kelahirannya.

“Persis Solo adalah klub asal kota kelahiranku dengan nama besar dan sejarah panjang. Saya yakin dengan klub ini karena di bawah kepemilikan dan manajemen baru sekarang akan banyak gebrakan, tentunya prestasi di Liga 2 dan promosi ke Liga 1,” katanya seperti dilansir laman resmi klub.

Sebagai pemain muda yang akan memulai karir profesionalnya di Indonesia, Yussa memiliki ekspektasi tersendiri. Dia akan mengembangkan kemampuan bermain sepak bola dalam jangka waktu dekat dan jangka panjang di bawah jajaran pelatih yang cukup berpengalaman.

“Dengan susunan tim yang sekarang, saya juga bisa belajar dan menyerap ilmu dari pemain senior mengingat terdapat perbedaan yang cukup jauh cakrawalarafflesia sepak bola Eropa dan Indonesia,” tambahnya.

Artikel Tag: yussa, Persis Solo





Source link

  • Bagikan