Cek DNS Server, Cek DNS Website Lengkap 2021

Gimana sih cara cek DNS, Cek DNS Server dan Cek DNS Website lalu apa fungsinya cek dns?

Apa itu DNS ?

Domain Name Server atau yang lebih dikenal dengan singkatan DNS merupakan sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator atau biasa disebut URL dengan Internet Protokol atau dikenal dengan IP Address.

Fungsi cek DNS, Cek DNS server dan Cek DNS Website

Disaat kalian memutuskan untuk membeli sebuah hosting serta domain ataupun kalian memindahkan hosting kalian ke server yang baru maka kalian diwajibkan untuk setting DNS terlebih dahulu agar nantinya nama domain kalian apakah sudah benar mengarah pada server hosting yang kalian gunakan.

Selain hal yang disebutkan diatas, Fungsi cek dns dapat dilakukan untuk mengetahui apakah server yang kita gunakan down atau malah dns servernya yang down.

Untuk diketahui pada setiap server DNS memiliki Time To Life ( TTL) yang berbeda-beda. mulai dari 5 menit, 1 jam hingga 1 hari pada setelan defaultnya. Jadi ketika kalian mengubah settingan DNS baik itu name server, IPv4 atau A record, Cname memerlukan waktu untuk dari 5 menit hingga 1 hari.

Untuk mengetahui apakah DNS serta settingan DNS sudah sesuai maka diperlukan pengecekan, untuk pengecekannya sendiri kita dapat menggunakan tools gratis yang banyak disediakan. Berikut rekomendasi CEK DNS SERVER serta CEK DNS WEBSITE

Cara Cek DNS SERVER dan Cek DNS WEBSITE

Untuk cek apakah DNS sudah mengarah pada tujuan yang kita buat kalian dapat menggunakan Tools dibawah ini.

1. MX Toolbox

Cara Cek DNS SERVER dan cek DNS WEBSITE menggunakan mxtoolbox

MXtoolbox adalah salah satu penyedia layanan cek DNS gratis yang dapat kalian gunakan. Untuk cara cek dns menggunakan MX Toolbox berikut langkahnya :

Atau Kalian dapat langsung cek DNS menggunakan MXtoolboxpada kolom dibawah ini

2. IP Saya

Cara Cek DNS SERVER dan cek DNS WEBSITE menggunakan ipsaya.com

Bagi kalian yang malas menggunakan Bahasa Inggris, kalian dapat melakukan cek DNS Server dan cek DNS Website menggunakan website IPSAYA.com. Untuk Menggunakannyapun sangat mudah, berikut langkahnya

3. NEXCESS

Cara Cek DNS SERVER dan Cek DNS WEBSITE menggunakan nexcess

Pada urutan ketiga Ada NEXCESS, website cek dns gratis yang dapat kalian gunakan, untuk cek dns menggunakan Nexcess berikut langkahnya :

4 DNSMap

Cara Cek DNS SERVER dan Cek DNS WEBSITE menggunakan dnsmap

Pada Urutan keempat ada DNSMap, untuk menggunakan DNSMap Berikut Langkahnya:

  • Buka https://dnsmap.io/
  • Masukkan Domain atau Subdomain kalian
  • Pilih Type yang ingin kalian cek pada kolom Type ( A )
  • Klik Cek DNS Propagation

5. Whatsmydns.net

Cara Cek DNS SERVER dan Cek DNS WEBSITE menggunakan whatsmydns

Whatsmydns.net Merupakan salah satu website yang memberikan layanan pengecekan DNS gratis dan cukup lengkap dimana rincian test pada wilayah yang berbeda-beda. Untuk Cek DNS Menggunakan Whatsmydns.net Berikut langkahnya :

6 DNS Checker

Cara Cek DNS SERVER dan Cek DNS WEBSITE menggunakan dnschecker.org

Pada Urutan Keenam dan terakhir ada DNSChecker.org, Salah satu tools yang paling banyak digunakan serta menjadi rekomendasi kami buat kalian yang ingin melakukan cek dns server ataupun cek dns website.

DNS Checker tampilannya serupa dengan Whatmydns dimana resolver DNS terletak pada banyak negara serta kita juga dapat menentukan type record apa yang ingin kita cek, selain itu yang membuat dnschecker menjadi rekomendasi adalah adanya fitur auto refresh yang dapat diaktifkan dengan ceklist kolom refresh dan tentukan berapa lama tools tersebut melakukan cek ulang terhadap settingan DNS Kalian.

Tentunya dengan adanya fitur refresh ini sangat memudahkan bagi kita memantau proses propagansi DNS dengan otomatis tanpa harus mengetik ulang serta klik tombol cek lagi.

Untuk Cek DNS Menggunakan DNS Checker berikut langkahnya :

  • Kunjungi https://dnschecker.org/
  • Seperti biasa masukkan domain atau subdomain
  • Pilih type record yang ingin di cek
  • Klik Kolom Refresh apa bila ingin tools tersebut otomatis refresh pengecekan
  • klik Search dan tunggu hingga selesai

Itulah tadi cara Cek DNS, Cek DNS SERVER, Cara Cek DNS Website yang dapat kami informasikan. Seomga dapat membantu kalian dalam melakukan pengecekan DNS kalian.

Cakrawala Rafflesia