TKDN Ponsel 5G Diharapkan Sama dengan Ponsel 4G

  • Bagikan
15c12b71 50822 oppo a74 5g oppo indonesia



50822 oppo a74 5g oppo indonesia

cakrawalarafflesia – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan bahwa pihaknya berharap Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk ponsel 5G di Indonesia setidaknya masih sama dengan ponsel 4G.

Harapan ini disampaikan Plate dalam jumpa pers pemberian izin layanan internet 5G komersial kepada Telkomsel pada Senin (24/5/2021) di Jakarta.

“Kita harapkan TKDN ponsel 5G masih mengacu pada TKDN ponsel 4G,” kata Plate mengacu pada aturan kewajiban TKDN minimal 30 persen untuk ponsel 4G yang dijual di Indonesia.

Aturan TKDN ponsel 4G ini berlaku sejak awal 2017 lalu dan diatur cakrawalarafflesia lain di Permenkominfo Nomor 27 Tahun 2015 serta di Permenperin Nomor 65 tahun 2016 soal cara perhitungan nilai TKDN.

Baca Juga :  Link Download Little Nightmares Secara Gratis

Baca Juga:
Internet 5G Mulai Tersedia Pekan Ini, Perlu Ganti Kartu SIM?

Secara garis besar, aturan itu mengatur bahwa hanya ponsel yang memiliki TKDN minimal 30 persen yang boleh dijual di Indonesia. Akibat aturan TKDN ini, banyak produsen ponsel dunia yang akhirnya membangun pabrik perakitannya di Indonesia.

Plate sendiri mengatakan bahwa terkait aturan TKDN ponsel 5G akan dibicarakan kembali soal teknis dan hal-hal yang lebih rinci dengan Kementerian Perindustrian, operator seluler, dan industri perangkat telekomunikasi di Tanah Air.

“Tetapi berdasarkan informasi yang saya peroleh, saat ini sudah ada merek yang memproduksi ponsel 5G di Indonesia dan bahkan sudah mengisi pasar ekspor,” lanjut Plate tanpa merinci merek yang dimaksud.

Baca Juga :  Viral Kios Antigen Berjajar di Pinggir Jalan, Warganet: Kayak Tukang Pulsa

Sementara dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR pada April lalu, Plate mengatakan bahwa aturan TKDN 5G tertuang dalam Peraturan Menteri Kemenkominfo No.2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020-2024.

Dalam permen itu disebutkan bahwa aturan TKDN 4G telah efektif menekan angka impor ponsel di Indonesia hingga 30 persen. Karenanya Plate berharap TKDN 5G akan mendorong Indonesia untuk tidak saja memproduksi ponsel 5G, tetapi juga hingga ke komponennya.

Baca Juga:
Area dan Kota yang Nikmati Internet 5G Mulai Pekan ini





cakrawalarafflesia

  • Bagikan
Positive SSL