Ban Slick Jadi Penyebab Marc Marquez Terjatuh di MotoGP Prancis

  • Bagikan
eac008b6 ban slick jadi penyebab marc marquez terjatuh di motogp prancis


Berita MotoGP: Eks pebalap MotoGP mengungkapkan bahwa penyebab Marc Marquez terjatuh saat balapan di Le Mans yakni memakai ban slick yang cukup berisiko di temperatur dingin.

Saat Marc Marquez kembali turun untuk balapan usai absen akibat cedera parah, mayoritas koleganya memprediksi bahwa sang juara dunia MotoGP enam kali itu bakal segera naik podium. Petinggi Honda Racing pun berharap ia bisa kembali ke jalur perebutan gelar juara dunia.

Namun Marquez masih kesulitan tampil maksimal dan saat ini berada di papan tengah. Di Portimao, ia finis di posisi ketujuh. Lalu turun dua tingkat saat tampil di Jerez dan terjatuh ketika melakoni MotoGP Prancis yang mengusung pola flag-to-flag.

Hasil tersebut tentu mengecewakan baginya yang mencatatkan waktu terbaik pada FP3 MotoGP Prancis, meski sempat terjatuh. Meski kondisi lengan kanannya belum pulih 100 persen, pebalap berusia 28 tahun itu masih membalap dengan gaya yang agresif.

Baca Juga :  Lin Jarvis Tegaskan Pengembangan YZR-M1 Tidak Salah Jalan

Setelah terhempas di FP3, kesialan berlanjut saat menjelang lomba di Le Mans. Marquez jatuh sekali saat warm up dan dua kali ketika balapan. Eks pebalap MotoGP, Dieter Braun punya teori tersendiri soal kejadian yang menimpa pebalap asal Spanyol itu.

“Saya dapat membayangkan kenapa Marc terus jatuh ketika ingin mencapai waktu tercepat. Dia mengendarai secara konstan dengan ban selip, pada batas,” ujarnya dikutip dari Speedweek.

“Ban slick sangat bagus pada temperatur yang tepat bahwa mereka dapat mengatasi tergelincir yang kadang menjengkelkan. Ban ini sangat berbahaya jika suhu terlalu dingin. Anda tidak bisa mengendalikan seperti yang diinginkan dan lebih dari itu, Anda tidak dapat menggunakan pada batas area. Ketika ban mulai selip, tidak ada jalan mundur,” ungkapnya.

Baca Juga :  Menang di Mugello, Valentino Rossi Beri Pujian untuk Fabio Quartararo

Braun pun tidak sekadar omong kosong ketika memberi penilaian soal Marc Marquez. Ucapannya itu berdasarkan pengalamannya saat masih berkarier di dunia MotoGP.

“Jika Anda bertanya kenapa saya mendukung teori ini, saya sendiri pernah jatuh berkali-kali pada temperatur dingin karena ban slick,” ia menjelaskan.

“Pada satu titik, akan ada temperature musim panas tahun ini. Kemudian, kita bisa berharap menemui Marc Marquez yang kita kenal lagi,” Braun mengakhiri.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, MotoGP 2021





Source link

  • Bagikan