Lebih Aman!! Begini Cara Mengaktifkan VPN di iPhone

  • Bagikan
58104d33 cara mengaktifkan vpn di iphone header

Cara Mengaktifkan VPN di iPhone Header

Cakrawalarafflesia – Di era yang serba digital seperti sekarang, menggunakan Virtual Private Network (VPN) sangat perlu dilakukan untuk memastikan bahwa koneksi internet yang sedang dipakai benar-benar aman.

Hampir setiap hal dalam kehidupan sekarang ini telah berubah ke dalam bentuk digital. Aktivitas yang membutuhkan data-data penting seperti transaksi perbankan pun bahkan turut menjelma sebagai layanan berbasis aplikasi untuk mempermudah para pengguna.

Padahal jika digunakan secara sembarangan, hal tersebut justru dapat menimbulkan berbagai masalah baru seperti pencurian data, pengambilalihan akun, hingga peretasan kartu kredit atau debit.

Banyak pengguna internet yang nyatanya belum menyadari risiko tersebut. Beberapa di antaranya bahkan masih sering mengakses data-data penting di jaringan publik seperti hotspot kafe atau mall padahal berisiko tinggi.

Tanpa perlindungan khusus dari layanan VPN, jaringan publik yang biasa tersedia secara gratis sebenarnya adalah tempat menakutkan karena bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan dalam melancarkan aksi-aksinya.

Meskipun sangat berbeda-beda, berbagai macam perangkat masa kini mulai dari handphone hingga komputer untungnya sudah dilengkapi dengan dukungan pengaturan VPN yang mudah untuk digunakan.

Baca Juga :  Asus ROG Phone 3 Resmi Dirilis

Perangkat iPhone termasuk di antaranya. Para pengguna bahkan dapat mengaktifkan VPN pada peranti buatan Apple ini dengan beberapa langkah sederhana selayaknya pada handphone Android.

Cara Mengaktifkan VPN di iPhone

Melalui Pengaturan Manual

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian General
  3. Cari dan pilih menu VPN
  4. Ketuk opsi Add VPN Configuration
  5. Masukkan konfigurasi VPN ke dalam formulir yang tersedia
  6. Klik tombol Done

Buat kamu yang belum tahu, konfigurasi dalam langkah-langkah di atas bisa diperoleh melalui berbagai macam penyedia VPN yang biasanya akan ditawarkan secara berbayar dengan sistem langganan.

Atau jika instansi tempatmu bekerja mempunyai dukungan jaringan pribadi, kamu pun dapat memanfaatkan konfigurasinya untuk mengamankan koneksi internet yang sedang diakses.

Selain menggunakan pengaturan secara manual, mengaktifkan VPN di iPhone juga bisa dilakukan secara lebih mudah dengan aplikasi dari penyedianya yang mana beberapa layanan justru tersedia secara gratis seperti WARP 1.1.1.1 dan TunnelBear.

Setiap aplikasi tentu menawarkan pengaturan yang berbeda-beda. Namun secara umum, kamu hanya perlu memasang aplikasi, mengizinkan sejumlah permintaan akses, lalu menekan tombol khusus yang tersedia.

Baca Juga :  Rumus, Jenis dan Contoh Soalnya

Supaya lebih mudah membayangkan hal tersebut, berikut contoh memakai WARP di aplikasi 1.1.1.1 milik Cloudflare untuk mengaktifkan VPN di iPhone. Kamu yang ingin mencobanya dapat mengunduhnya secara langsung dari Apple Apps Store.

Menggunakan Aplikasi VPN

  1. Buka halaman 1.1.1.1 di Apple Apps Store
  2. Tekan tombol Get
  3. Setelah terpasang, buka aplikasi dan izinkan sejumlah permohonan akses
  4. Tekan tombol Enable di bagian bawah jika halaman masih menampilkan tulisan 1.1.1.1
  5. Setelah berubah menjadi WARP atau WARP+, ketuk tombol ON/OFF untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan

Aplikasi VPN gratis umumnya tersedia dengan kuota terbatas. Biasanya, kamu perlu melakukan aktivitas tambahan seperti membagikan informasi ke orang-orang atau membeli keanggotaan premium untuk mendapatkan akses lebih lama.

Sedikit saran dari saya, jangan sampai salah memilih layanan VPN untuk digunakan dalam hal ini. Perlu diingat, beberapa aplikasi dan platform justru tercatat memanfaatkan data-data yang dimiliki pengguna untuk kepentingan pribadi.

gadget trend

  • Bagikan