Canggih! Project Starline dari Google Mungkinkan Percakapan Video Secara 3D

  • Bagikan
d257323c google project starline feature

Google-Project-Starline-Feature

Cakrawalarafflesia – Dalam ajang Google I/O 2021 turut menghadirkan teknologi baru yang bisa mempertemukan orang yang tinggal di kota berbeda.

Disebut sebagai proyek Starline, Google terinspirasi dari kondisi dan situasi dunia yang harus menjaga jarak selama ini karena wabah COVID-19. Selama beberapa tahun ke belakang, Google pun mempersiapkan proyek ini dengan menawarkan kombinasi dua teknologi dari perangkat lunak dan perangkat keras.

Harapannya lewat teknologi proyek Starline akan ada banyak orang yang bisa berkomunikasi melalui jendela ajaib seperti yang dikatakan Google. Jendela ajaib ini mengusung layar berukuran besar dimana pengguna dapat melihat keluarga maupun kerabat dengan ukuran yang sama layaknya bertatap muka.

Hal ini dimungkinkan berkat teknologi 3D Imaging yang menjadikan lawan bicara pada jendela ajaib terasa berada langsung di depan pengguna. Dalam demonstrasinya melalui sebuah video singkat di kanal YouTube, pengguna dapat berbicara seperti bertemu langsung kerabat secara alami dan dapat melihat gerakan maupun melakukan kontak mata sekalipun.

Baca Juga :  Perusahaan TikTok Beli Moonton, Pengembang permainan Mobile Legend

Teknologi gambar 3D ini sendiri tengah digarap Google secara real time yang nantinya dapat dikompresi ke tampilan 3D. Untuk mewujudkan Project Starline, Google pun sedang melakukan riset mendalam terkait visi komputasi, mesin pembelajaran, audio spasial, dan kompresi secara real time.

3D-Imaging-Project-Starline-Google

Agar terasa seperti bicara dengan kerabat seolah-olah berada di depan mata, Google telah bekerja keras mengembangkan sistem tampilan bidang cahaya yang dapat menciptakan rasa dimensi dan kedalaman yang bisa dialami langsung oleh pengguna tanpa perlu kacamata atau headset tambahan.

Menurut pihak Google, Project Starline saat ini hanya tersedia di beberapa kantor Google dan bergantung pada perangkat keras yang dibuat khusus dan peralatan yang sangat terspesialisasi. Google meyakini bahwa sudah waktunya teknologi konferensi video berkembang lebih canggih, terjangkau, dan dapat diakses semua orang.

Baca Juga :  Dengan Mata Tertutup, Speedrunner Tamatkan Super Mario Bros dalam 11 Menit

Project-Starline-Window-Magic

Untuk memulai perjalanan itu, kabarnya Google telah menghabiskan ribuan jam untuk menguji Project Starline di kantor Google saat mencoba menghubungkan kepada kolega cakrawalarafflesia Bay Area, New York, dan Seattle di Amerika Serikat.

Sebelumnya Google juga telah melakukan demo dengan mitra perusahaan terpilih di berbagai bidang seperti tenaga kesehatan dan media untuk mendapatkan kritik dan saran awal tentang teknologi dan pengaplikasiannya. Untuk uji coba dengan mitra perusahaan, Google telah menjadwalkan rencana tersebut di akhir tahun 2021.

gadget trend

  • Bagikan