Bakal Lebih Lengkap, Google Umumkan Kolaborasi Wear OS dan Tizen Samsung

  • Bagikan
ed5fa20f wear os by google

Wear-OS-by-Google

Cakrawalarafflesia – Seperti yang ramai dibicarakan bahwa Google I/O 2021 akan memberikan pembaruan untuk Wear OS, Google pun akhirnya mengabulkan permintaan netizen.

Tak hanya itu saja, Google turut berkolaborasi dengan produsen perangkat pintar terbesar asal Korea. Samsung, untuk membawa pembaruan yang semakin unik melalui sistem Wear yang menyatu dengan Tizen pada sebuah jam tangan pintar.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dibuat oleh Bjorn Kilburn selaku Director of Product Management, Wear Google disebutkan bahwa bergabungnya Wear dan Tizen akan melahirkan satu platform khusus. Google mengklaim kerja sama ini akan membuat aplikasi muncul lebih cepat 30% dibanding sebelumnya.

Pengaplikasiannya dapat kamu lihat pada beberapa peningkatan fiturnya seperti tampilan yang lebih segar, gerakan, dan animasi semakin mulus. Pada daya tahan pemakaian baterai, penggabungan Wear dan Tizen memungkinkan masa penggunaan jam tangan pintar yang lebih baik.

Baca Juga :  Lebih Variatif, Tong Sampah di Android 12 Punya Banyak Kemampuan

Hal itu tentunya mempertimbangkan penggunaan fitur-fitur kesehatan yang biasanya hadir pada jam tangan pintar seperti sensor detak jantung yang bekerja terus menerus sepanjang hari, pelacakan kualitas tidur semalaman, dan masih banyak lagi.

Galaxy Watch Active2 DisplayTampilan Tizen di Samsung Galaxy Watch Active2

Nantinya pengguna juga akan dapat menikmati tampilan beranda yang dapat dipersonalisasi sesuai kesukaan aplikasi pendukung kesehatan. Sementara itu, Google Maps dan Google Assistant akan mendapatkan desain ulang dan ditingkatkan.

Begitu juga Google Pay yang akan didesain ulang dan ditambahkannya dukungan untuk 26 negara baru di luar 11 negara yang saat ini telah tersedia. Di samping itu, YouTube Music akan hadir yang dilengkapi dengan fitur seperti unduhan agar pengguna dapat menikmati musik saat dalam perjalanan.

Baca Juga :  Perbandingan Spesifikasi Poco X3 Pro vs Poco X3 NFC

Dengan pembaruan Wear ini, Google turut menggandeng aplikasi pelacak kesehatan dan kebugaran Fitbit untuk memantau kemajuan kesehatan pengguna sepanjang hari dan aplikasi baru lainnya yang kini ditingkatkan seperti Strava, adidas Running, Bitmoji, dan masih banyak lagi.

Semua pembaruan tersebut dijanjikan Google akan mulai diluncurkan pada akhir tahun 2021, termasuk kerja sama pihaknya dengan Samsung. Untuk pembaruan aplikasi Wear OS, Google pun memastikan bakal segera digulirkan di Google Play Store.

gadget trend

  • Bagikan