Android 12 Masuk Tahap Beta, Inilah Fitur-Fitur Barunya

  • Bagikan
6a87426b android os tmpilna antar muka

Android OS Tampilan Antar Muka

Cakrawalarafflesia – Melalui perhelatan besar tahunan Google I/O, Google telah resmi memperkenalkan Android 12 yang kini sudah masuk dalam tahap beta untuk pertama kalinya.

Berdasarkan keterangan tertulis dari pihak Google, Android 12 menawarkan perubahan desain secara besar-besaran yang diberi nama Material You yang telah tersedia di perangkat Pixel dan akan menyusul di perangkat lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Sameer Samat selaku VP of Product Management, Android & Google Play lewat tulisan resminya. Untuk memberikan pengalaman yang semakin dekat dengan penggunanya, Android 12 membawa perubahan yang terasa lebih ekspresif, dinamis, dan semakin personal lewat warna, bentuk, cahaya, dan gerakan.

Oleh karenanya, Google menghadirkan pembaruan Android 12 versi beta ke dalam lima tema yang meliputi personalisasi, gerakan dan animasi yang mengalir, ruang sistem lebih ringkas, serta desain ulang untuk privasi dan keamanan.

Lewat Android 12 versi beta, Google pun berusaha menyediakan fitur aksesibilitas yang telah ditingkatkan untuk kaum disabilitas atau tuna netra agar dapat mengakses perangkat lebih mudah dan cepat.

Android-12-Beta

Personalisasi Otomatis

Di personalisasi, pengguna hanya perlu memilih wallpaper agar dapat merasakan perubahan besar desain yang secara sekilas tampak memanjakan mata. Kemudian, sistem akan secara otomatis menentukan warna mana yang paling dominan dan saling melengkapinya agar terlihat bagus.

Setelah sistem memilih, maka warna-warna akan diterapkan di seluruh OS yang mencakup bayangan pemberitahuan, layar kunci, kontrol volume, widget baru, informasi fitur-fitur perangkat seperti WiFi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Makan Pizza 1 Meter, Warganet Salah Fokus dengan Penampakan Tak Terduga Ini

Gerakan dan Animasi Yang Mengalir

Pembaruan Android 12 juga terasa pada gerakan dan animasinya yang semakin intuitif sehingga akan terasa lebih hidup dan menyenangkan ketika menggulir maupun mengetuk layar perangkat. Google mengklaim bahwa perangkat dengan Android 12 akan semakin cepat dan responsif dengan efisiensi daya yang lebih baik.

Hal ini berkat beberapa perbaikan tersembunyi seperti mengurangi waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan sistem inti hingga 22% dan mengurangi penggunaan inti besar oleh sistem hingga 15%. Dengan begitu ketika pengguna menghilangkan notifikasi, maka akan muncul informasi jam pada wallpaper yang tampak besar.

Ruang Sistem Lebih Ringkas

Ruang Sistem Lebih Ringkas

Adapun ruang sistem yang didesain ulang cakrawalarafflesia lain bayangan pemberitahuan, pengaturan cepat, dan tombol daya. Pada pengaturan cepat tersedia pengontrol secara praktis ke seluruh sistem operasi dengan hanya menggulir dan mengetuk satu kali.

Perubahan ini tampak pada Google Play dan Home Control yang terhubung langsung ke Pengaturan Cepat. Pengguna dapat menekan lama tombol daya untuk memanggil bantuan Google Assistant guna melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan atau membacakan artikel dengan banyak teks.

Desain Ulang Untuk Privasi dan Keamanan

Android 12 versi beta menyuguhkan fitur baru yang dapat memberikan kenyamanan untuk mengatur dan memilih data pribadi mana yang boleh diakses oleh aplikasi tertentu yang sudah terinstal di dalam perangkatnya.

Baca Juga :  Tips Menggunakan Kalkulator Tiktok Uang Rupiah dan Hasilkan Uang

Misalnya pada Dasbor Privasi terbaru, pengguna akan diperlihatkan izin pengaturan untuk memantau data apa saja yang sedang diakses aplikasi, seberapa sering, dan oleh aplikasi apa saja. Melalui fitur ini, pengguna juga bisa mencabut izin aplikasi langsung dari dasbor.

Terdapat pula indikator baru di bagian kanan atas bilah status yang akan memberikan informasi mengenai aplikasi apa yang sedang mengakses mikrofon atau kamera. Pengguna pun dapat menghapus akses aplikasi ke sensor untuk seluruh sistem dan pihak Google telah menambahkan dua tombol baru di Pengaturan Cepat.

Dengan pembaruan pengaturan izin lokasi, dapat diatur aplikasi mana saja yang dibatasi dan orang lain hanya bisa melihat perkiraan lokasi pengguna seperti kota dan bukan alamat secara detail. Tak lupa, Android 12 versi beta turut memperkenalkan Android Private Compute Core yang memungkinkan pihak Google dapat menjaga informasi pribadi pengguna tetap aman dan tidak tersebar.

Private Compute Core sekaligus dapat mengaktifkan fitur-fitur lain seperti Live Caption, Now Playing, dan Smart Reply. Private Compute Core bekerja dengan cara mengisolasi jaringan dari semua pemrosesan audio dan bahasa yang tengah terjadi di perangkat untuk menjaga privasi pengguna.

gadget trend

  • Bagikan