Jalan Kabupaten Rusak, ini Saran Gubernur – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
ae3b541d img 20210518 wa0155


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Kondisi ruas jalan yang menghubungkan cakrawalarafflesia Simpang Rambutan (Banyuasin) dengan Tulung Selapan (OKI) saat ini sangat memprihatinkan.

Padahal, ruas jalan sepanjang lebih kurang 60 km tersebut menjadi satu-satunya akses jalan dan urat nadi perekonomian di kedua daerah yang diantaranya untuk mengangkut hasil pertanian dan sembako.

“Saat ini kondisinya begitu memprihatinkan, terlebih pada saat musim penghujan seperti sekarang. Sebelumnya jalan ini pernah diperbaiki tapi hanya per spot tidak secara menyuruh sedangkan jika mengandalkan dana APBD kabupaten tidak memadai,” ungkap Ketua Fraksi Hanura-Perindo DPRD Sumsel yang juga wakil rakyat asal dapil OKI-OI, H Ali Imron, usai paripurna istimewa DPRD Sumsel Hari Jadi ke-75 Provinsi Sumsel, Selasa (18/5).

Menurut Ali, perlu dukungan dan bantuan dana APBD Sumsel untuk mengatasi perbaikan ruas jalan yang disana juga terdapat interchange (simpang susun) ruas jalan tol Pematang Panggang-Kayu Agung (PPKA) tersebut.

“Kami berharap kepada Bapak Gubernur untuk turun tangan dengan menganggarkan dana APBD Sumsel. Dibutuhkan dana tak kurang dari Rp60-80 miliar untuk perbaikan total ruas jalan tersebut. Yang apabila mengandalkan APBD kedua kabupaten pastinya takkan mampu mengatasinya,” pinta Ali.

Perihal permintaan agar Pemprov Sumsel membantu perbaikan ruas jalan Simpang Rambutan-Tulung Selapan ini telah pula disuarakan langsung Ali dengan melakukan interupsi di rapat paripurna XXVIII beberapa waktu lalu. Pada saat itu, Gubernur Sumsel Herman Deru langsung menanggapi permohonan Alu.

“Sebetulnya untuk ruas jalan tersebut dari informasi Kadis PUBM Sumsel telah dilakukan perbaikan tapi secara parsial. Jalan tersebut merupakan jalan kabupaten, kita pertimbangkan akan di7alih statuskan menjadi jalan provinsi,” sebut Deru.

Hal senada disampaikan Kadis PUBM Sumsel, Dharma Budi ST MT yang menyebut tahun lalu telah digelontorkan anggaran melalui APBD Sumsel sebesar Rp10 miliar.

“Hanya saja memang perbaikannya sedikit, ada dua opsi perbaikan jalan tersebut pertama Bupati mengajukan usulan kepada pak Gubernur mohon perbaikan dgn menggunakan Dana Bantuan Gubernur kepada Kabupaten OKI.

Kedua Mengusulkan kepada Pemprov agar ruas jalan tsb dinaikkan statusnya menjadi jalan Pemerintah Provinsi Sumsel,” urai Dharma melalui pesan singkat WhatsApp. (fdl)





Melansir Sumeks co

Baca Juga :  Selama Larangan Mudik di Sumsel, 17.383 Kendaraan Diperiksa dan 9.531 Diminta Putar Balik – cakrawalarafflesia
  • Bagikan
Positive SSL