Alhamdulillah Ala Kulli Hal – Tulisan Arab, arti Serta Maknanya Yang wajib Kalian Ketahui

  • Bagikan
https://www.cakrawalarafflesia.com/2021/03/20/belajar-bahasa-arab-alquran/

CR — alhamdulillah ala kulli hal adalah kalimat yang biasa diucapkan oleh seluruh umat muslim di dunia dan mungkin juga dengan kalian yang sedang membaca artikel ini pasti sudah tau tulisan arab dan artinya, namun apakah kalian sudah mengetahui makna dari bacaan alhamdulillah ala kulli hal, Manfaat serta hadist mengenai alhamdulillah ala kulli hal? Untuk itu bagi yang sedang mencari informasi tentang ucapan alhamdulillah ala kulli hal , kami akan membahasnya lengkap disini.

Pada dasarnya Ucapan alhamdulillah ala kulli hal adalah bentuk ucapan rasa bersyukur kepada Allah SWT pada setiap jondisi jan juga keadaan. dimana pada ucapan alhamdulillah ala kulli hal terkandung pujian kepada Allah SWT atas berbagai hal yang telah Allah SWT berikan.

Tulisan Arab Alhamdulillah Ala Kulli Hal dan Artinya Lengkap

Alhamdulillah Ala Kulli Hal - Tulisan Arab dan arti Serta Maknanya

Bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai tulisan arab alhmadulillah ala kulli hal, bagaimana tulisan arab “alhamdulillah ala kulli hal“? Berikut adalah tulisan arab alhamdulillah ala kulli hal lengkapi dengan tulisan latin dan artinya.

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Alhamdulillahi ‘ala kulli haalin

Artinya, “Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan”.

Hadits Tentang Ucapan Alhamdulillah Ala kulli Hal

Perlu diketahui jika Ucapan alhamdulillah ‘ala kulli hal bukan sekedar ucapan biasa karena ucapan ini juga diucapkan Oleh Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang dibenci atau tidak disukai

Ucapan alhamdulillah ‘ala kulli hal bukan sekedar ucapan biasa. Ucapan ini merupakan ucapan Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang dibenci atau tidak disukai.


Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Jika ada dizikir yang selelu diucapkan oleh Rasulullah SAW disaat Beliau melihat sesuatu yang disukai atau melihat sesuatu yang dibenci.

Berikut ini bunyi haditsnya:


عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَال أَهْلِ النَّار


Dari Aisyah, ia berkata: “Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang ia senangi maka ia berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna’. Dan ketika ia melihat sesuatu yang ia benci maka ia berkata, ‘Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Yaa rabb, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka.’” (HR. Ibnu Majah)

Makna Ucapan Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Seperti disebutkan di atas, ucapan alhamdulillah ala kulli hal merupakan ucapan dizkir yang selalu diucapakan oleh Rasulullah SAW ketika Beliau melihat sesuatu yang dibenci atau tidak disenangi.

Jadi makna dari alhamdulillah ala kulli hal agar kita dalam setiap kondisi dan situasi kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT, Mendekatkan diri kepada Allah dan mengambil hikmah dari setiap hal yang dilihat atau dialami.

Sikap ini adalah sikap yang sangat mulia serta menjadi ciri derajat mukmin yang luhur. Sebab, tidaklah mudah untuk kita dapat bersabar dan bersyukur ketika melihat ataupun mengalami situasi yang buruk. Kebanyakan dari kita semua adalah mudahnya mengeluh serta lupa kepada Allah SWT dan juga tidak jarang diantara kita sampai ada yang mengeluarkan ucapan yang tidak pantas ketika melihat sesuatu yang tidak disukai.

Disaat mendapatkan musibah ataupun disaat kita mengalami kejadian buruk, sebaiknya kita tetap harus mengingat Allah SWT, senantiasa memuji Allah SWT pada setiap kondisi dan keadaan. Karena hal tersebut akan memberikan kita kekuatan dan juga ketenangan pada diri kita sehingga pada kondisi apa pun kita akan senantiasa bersikap dan berfikir positif. Dan insyallah, segala urusan kita kemudian juga akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Manfaat Berdzikir dan Memuji Allah SWT


Manfaat dzikir secara sederhana diantaranya:

1. Mendekatkan diri kita kepada Allah.

2. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah.

3. Menjadikan hati dan pikiran tenang, sehingga kita terbebas dari stress dan kegelisahan.

4. Memiliki pikiran yang kuat dan ingatan yang tajam.

5. Mendapat pahala karena dzikir merupakan salah satu ibadah.


Tentunya, disaat berdzikir niat yang kita tekankan adalah semata-mata karena Allah Ta’ala. Artinya, apa yang kita lakukan adalah lillah, ikhlas karena Allah Ta’ala.


Demikianlah artikel mengenai alhamdulillah ala kulli hal. Semoga artikel yang kami tulis ini memberi wawasan dan memudahkan kita dalam meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

AG

Baca Juga :  Mengapa Harus Menunggu Datangnya Ramadhan Baru Meminta Maaf?
  • Bagikan