vivo Y12s Vs OPPO A15 – Adu Unggul Dari Duo Handphone Sejutaan

  • Bagikan
84504cbc vivo y12s vs oppo a15 header

vivo Y12s Vs OPPO A15 Header

Cakrawalarafflesia – Selalu menarik untuk mengadu kebolehan antar dua perangkat. Apalagi jika perangkat tersebut merupakan buah karya dari brand penghuni dua peringkat teratas brand paling laris Indonesia saat ini.

Di sudut si biru, ada vivo Y12 sebagai handphone kelas entri yang dirilis pada bulan Maret 2021 dengan harga Rp 1,8 juta. Di sudut berlainan, kubu hijau menjagokan OPPO A15 yang selisih tanggal rilis dan banderol harganya tidak terpaut jauh Rp 1,7 jutaan pada bulan April 2021.

Kedua handphone ini punya sejumlah kemiripan yang mencakup pemilihan chipset, varian memori tunggal, serta resolusi layarnya. Namun, tidak sedikit pula perbedaan yang terpantau dari kedua handphone tersebut. Apa saja? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Desain dan Layar

OPPO A15

Dengan desain tampang bergaya notch waterdrop dan dimensi yang nyaris identik, akan sulit bagi kamu untuk membedakan kedua handphone ini. Untungnya, desain punggung kedua perangkat ini berbeda dimana vivo Y12s mengusung modul kamera persegi panjang dengan bubuhan logo vivo, sedangkan OPPO A15 tampil lebih polos dengan modul kamera persegi empat dan sensor pemindai sidik jari.

Kedua seteru yang berada di bawah naungan induk perusahaan yang sama ini merancang vivo Y12s dan OPPO A15 dengan layar sekitar 6,5 inci dan rasio HD+ (1600 x 720 piksel). Tidak ada fitur canggih macam sertifikasi HDR10 apalagi refresh rate tinggi. Tapi rasio layar-ke-bodi dua handphone ini melampaui persentase 80 persen.

Baca Juga :  Smartband Terbaik 2021 di Bawah Rp 1 Juta Untuk Pantau Kesehatan

Performa dan Memori

MediaTek Helio P35

vivo Y12s dan OPPO A15 menawarkan performa maupun varian memori yang benar-benar mirip. Kedua handphone satu jutaan ini ditunggangi oleh chipset Helio P35 dari MediaTek. Hanya saja yang menjadi catatan, Helio P35 bukanlah chipset gaming seperti seri G meski kecepatannya mencapai 2,3GHz.

Khusus untuk varian yang didagangkan di Indonesia, kamu hanya akan memperoleh varian RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang pastinya masih bisa diperbesar dengan kartu memori eksternal via slot microSD yang terpisah dari kartu SIM.

Kamera

OPPO A15

Sang juragan perangkat fotografi, vivo, menyematkan dua kamera belakang pada vivo Y12s  meliputi sensor wide 13MP dan sensor bokeh 2MP.  Sementara itu ada satu sensor di bagian depan beresolusi 8MP. Fitur-fitur yang bisa kamu nikmati dari handphone ini di antaranya adalah mode Portrait, Panorama, serta Time-Lapse. Namun, Night Mode tidak tersedia di handphone ini.

OPPO A15 punya penawaran sedikit lebih unggul dengan menyajikan tiga kamera belakang yang dua di antaranya sama seperti vivo Y12s, tapi dengan tambahan sensor makro 2MP. Fiturnya juga terbilang meriah seperti Panorama, Slow-Mo, Time-Lapse, Portrait, hingga Night Mode.

Baterai dan Fitur

OPPO A15

Baterai 5.000 mAh yang dikemas vivo Y12s pasti lebih menggugah bagi pengguna yang punya tingkat mobilitas tinggi. Di sisi lain, OPPO A15 juga tidak terlalu buruk dengan memberi baterai berkapasitas 4.230 mAh. Kedua produk ini tidak memiliki teknologi fast charging yang sudah mulai banyak dibawa berbagai handphone.

Baca Juga :  Kronologi Kisruh Infinix vs Xiaomi, Berawal dari Unggahan Poco

Duo handphone ini punya sensor pemindai wajah dan sensor pemindai sidik jari yang letaknya berbeda  dimana pada vivo Y12s berada di samping dan pada OPPO A15 diposisikan di belakang. Disediakan juga tiga slot yang bisa kamu isi  oleh 2 kartu SIM dan 1 kartu memori eksternal. Sayang beribu sayang, kedua perangkat ini masih mengandalkan port Micro USB dan belum mengadopsi Android 11 terbaru.

Sedikit informasi ekstra buat kamu, vivo Y12s memiliki sensor giroskop yang berguna saat bermain permainan, meski sifatnya virtual. Dalam kotak penjualannya, handphone ini juga menyediakan case pelindung dan lapisan pelindung layar (sudah diaplikasikan). Sementara OPPO A15 hanya memberi case saja.

Itulah kelebihan dan perbedaan cakrawalarafflesia vivo Y12s dan OPPO A15. Keduanya punya faktor yang membuat pelanggan tetap tertarik untukmemilikinya. Mungkin seperti kenyamanan saat menggunakan antarmukanya, kemudahan dalam mencari lokasi servis, atau komunitasnya yang sudah sangat terbentuk.

Spesifikasi vivo Y12s Vs OPPO A15

Aspekvivo Y12sOPPO A15
Dimensi164,4 x 76,3 x 8,4 mm164 x 75,4 x 7,9 mm
Bobot191 gram175 gram
Layar6,51 inci6,52 inci
Kamera Utama13MP + 2MP13MP + 2MP + 2MP
Sidik JariYa (samping)Ya (belakang)
Baterai5.000 mAh4.230 mAh
WarnaGlacier Blue, Phantom BlackDynamic Black, Mystery Blue
HargaRp 1.899.000Rp 1.799.000

gadget trend

  • Bagikan