Cepat dan Mudah, Ini 3 Layanan Bayar Zakat Fitrah Online Terpercaya!

  • Bagikan
47d71c2a zakat beras

 Bayar Zakat Fitrah Online Header[Ilustrasi: Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Setiap bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri, setiap muslimin atau muslimah yang berkecukupan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan wajib membayar Zakat Fitrah kepada beberapa golongan yang membutuhkan.

Selain bisa melalui Badan Amil Zakat di Masjid atau Lembaga terdekat dari rumah, kini kamu pun sekarang sudah bisa membayar Zakat Fitrah secara online pada beragam Lembaga atau Badan Amil Zakat yang sudah terpercaya di Indonesia.

Biasanya pembayaran secara online ini dilakukan oleh sebagian orang karena kemudahan dan kepraktisannya dengn cukup melalui handphone atau komputer saja. Apalagi selama pandemi COVID-19, interaksi antar individu harus dibatasi.

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan oleh muslimin dan muslimah yang telah mempunyai kemampuan harta yang dikeluarkan sekali dalam setahun, yakni pada bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.

Zakat Fitrah harus sudah diberikan kepada Lembaga atau Badan Amil Zakat sebelum shalat Ied. Adapun tujuan dari zakat ini untuk menyucikan harta muslimin dan muslimah yang berkecukupan karena di setiap hartanya ada sebagian hak orang lain.

Terdapat delapan golongan (asnaf) yang ditetapkan untuk menerima Zakat Fitrah mulai dari fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, hingga ibnu sabil. Namun dua golongan yang paling diutamakan untuk menerima Zakat adalah fakir dan miskin.

Adapun besarnya Zakat Fitrah yang diwajibkan bagi muslimin dan muslimah adalah 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok seperti beras, tepung, kurma, gandung, aqith, atau yang biasa dikonsumsi di daerah yang diberikan zakat.

Sementara apabila kamu melakukan Zakat Fitrah secara online, maka kamu dapat memberikan uang kepada panitia yang nantinya akan dibelikan beras atau bahan pokok untuk kemudian disalurkan ke delapan golongan yang telah ditentukan tadi.

Baca Juga :  Jagokan Akurasi Warna, ViewSonic ColorPro VP68a Resmi Masuk Pasar Indonesia

Cara Pembayaran Zakat Fitrah Online

Rumah Zakat

Rumah Zakat merupakan lembaga swadaya yang mengelola zakat, sedekah, infak, dan dana sosial lainnya untuk disalurkan pada program-program pemberdayaan masyarakat. Lembaga ini juga sudah menawarkan pembayaran Zakat Fitrah melalui online yang dapat diakses dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Buka halaman https://www.rumahzakat.org/donasi melalui peramban
  2. Pada halaman utama donasi, pilih menu Zakat Fitrah
  3. Selanjutnya pilih jumlah jiwa yang akan dibayarkan zakatnya dan akan dikalikan dengan nominal Zakat Fitrah yang telah ditentukan oleh Rumah Zakat (untuk tahun 2021, nominalnya Rp 40.000 yang setara dengan 2,5 kg beras)
  4. Dengan kata lain apabila kamu memilih 5 jiwa, maka secara otomatis situs akan menampilkan nominal sebesar Rp 200.000 (5 x Rp 40.000)
  5. Selanjutnya tekan tombol Bayar Sekarang
  6. Isi biodata (nama lengkap, email, nomor handphone), kirim notifikasi melalui email atau SMS, pesan tambahan, pilih metode pembayaran, dan tekan tombol Bayar Sekarang
  7. Kamu akan diberikan petunjuk untuk melakukan pembayaran dan ikuti instruksi hingga selesai

Zakat Fitrah Nominal

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Badan Amil Zakat Nasional yang disingkat BAZNAS merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibuat oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 dengan tugas dan fungsi untuk menghimpun serta menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah pada tingkat nasional.

Untuk memberikan kemudahan masyarakat Indonesia dalam membayar Zakat Fitrah, BAZNAS juga sudah menyediakan layanan online pembayaran yang dapat diakses sebagai berikut ini:

  1. Buka halaman https://baznas.go.id/bayarzakat melalui peramban
  2. Pada halaman Bayar Zakat, pilih jenis dana ke Zakat dan Zakat Fitrah
  3. Selanjutnya, tentukan jumlah jiwa yang akan membayar Zakat Fitrah.
  4. Sebagai contoh misalnya 5 jiwa, maka tahun 2021 harus membayar dengan nominal Rp 200.000 (5 x Rp 40.000) karena BAZNAS menentukan jumlah Zakat Fitrah 2,5 kg beras sebesar Rp 40.000.
  5. Lengkapi biodata mulai dari panggilan Bapak atau Ibu, nama, nomor telepon, dan email
  6. Apabila data sudah dirasa benar, maka tekan tombol Lanjut ke Pembayaran
  7. Pada halaman selanjutnya, tentukan metode pembayaran dan baca niat untuk Zakat Fitrah
  8. Apabila telah selesai, maka tekan tombol Bayar
  9. Nantinya muncul kotak dialog rincian Zakat Fitrah dan tekan tombol Lanjut
  10. Selanjutnya, ikuti instruksi pembayaran hingga selesai
Baca Juga :  Beda Spesifikasi Poco X3 Pro dan Poco F3 di Indonesia

BAZNAS Zakat Fitrah

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang berdiri sejak tahun 1993 dengan tujuan mengentaskan kemiskinan dengan 5 pilar program utama seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial & Dakwah, dan Budaya.

Hampir sama dengan dua Lembaga di atas, Dompet Dhuafa pun ikut memudahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran Zakat Fitrah secara online dengan langkah sebagai berikut ini:

  1. Buka halaman https://donasi.dompetdhuafa.org/ melalui  peramban
  2. Selanjutnya, pilih Jenis Donasi menjadi Zakat, Pengkhususan donasi menjadi Zakat Fitrah, jumlah nominal isi sendiri tergantung perhitungan jumlah jiwa dan harga beras yang dimakan (misal 5 jiwa x Rp 40.000 = Rp 200.000)
  3. Pada menu Profil Donatur, pilih sapaan, nama lengkap, email, nomor telepon
  4. Kemudian, pilih metode pembayaran dan tekan tombol Donasi Sekarang
  5. Pada halaman Ringkasan Donasi akan dimunculkan jenis serta jumlah Zakat Fitrah, biodata, dan nominal yang harus dibayar
  6. Selanjutnya, tekan tombol Bayar Sekarang dan ikuti instruksi pembayaran hingga selesai

Dompet Dhuafa Zakat Fitrah

Dengan begitu kamu sudah diberikan kemudahan untuk melakukan Zakat Fitrah dimanapun dan kapanpun secara online melalui tiga Lembaga penyalur Zakat terpercaya di Indonesia. Namun apabila kamu mempunyai rekomendasi lembaga lain, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

gadget trend

  • Bagikan