5 Aplikasi Video Call Bisa Dipakai Silahturahmi

  • Bagikan
d56a0ca8 zoom

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak masyarakat untuk melaksanakan lebaran digital. Upaya tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19.

Karena itu, untuk memudahkan umat muslim  yang tetap ingin bersilahturahmi, tetapi tidak bisa bertemu fisik, ada cara lain untuk bisa bersilaturahmi saat lebaran. Salah satunya dengan memanfaat teknologi video call atau panggilan video.

Saat ini ada banyak pilihan video call yang bisa digunakan secara gratis dan menampung cukup banyak pengguna sekaligus.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa aplikasi video call gratis yang bisa tampung banyak orang sebagai pengganti silaturahmi bareng keluarga.

1. Zoom

Zoom masih menjadi salah pilihan utama sebagai aplikasi video call yang bisa digunakan untuk menjalin silaturahmi saat lebaran.

Namanya begitu populer sejak awal pandemi berlangsung 2020 lalu. Sebab platform video call ini dibekali dengan beragam fitur menarik dan yang paling penting kompatibel digunakan lewat smartphone maupun komputer.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Memori Penuh di Android, Ponsel Lancar Tanpa Hambatan

Untuk fitur gratisnya, Zoom dapat digunakan untuk video call hingga 100 orang. Namun meski demikian, Zoom membatasi video call maksimal hanya 40 menit saja.

2. Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi besutan Google yang bisa digunakan untuk video call. Aplikasi ini bisa diakses melalui perangkat mobile Android, iOS, hingga melalui website.

Meet menawarkan cara yang sangat sederhana dan efisien untuk melakukan obrolan video dengan kolega, teman, dan keluarga.

Namun, sayangnya Google Meet sudah tidak bisa diakses bebas secara gratis lagi mulai 1 April 2021. Pengguna gratis Meet diberi jatah waktu utnuk durasi video call selama satu jam.

3. WhatsApp

Aplikasi milik Facebook ini memang sudah menjadi bagian sehari-hari untuk digunakan dalam berkomunikasi.

Semenjak pandemi, fitur video call di Whatsapp terus diberikan pembaruan. Kini video call di aplikasi bisa digunakan secara gratis untuk 8 orang dalam satu kali panggilan.

4. Skype

Baca Juga :  Usai Diblokir Kominfo, Muncul Situs Mirip TikTok Cash

Selanjutnya ada Skype, aplikasi video call yang sudah lama populer jauh sebelum Zoom ramai digunakan saat pandemi.

Meski terhitung pemain lama Skype memiliki kelebihan-kelebihan yang membuatnya masih layak untuk digunakan sebagai aplikasi video call untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga di hari lebaran.

Kelebihan itu seperti sifatnya yang multipfatform, atau bisa digunakan di banyak media, seperti ponsel, komputer dan Xbox Selain itu, Skype juga bisa digunakan untuk cukup banyak pengguna, yakni hingga mencapai 50 orang dalam satu panggilan video.

5. Cisco Webex

Webex adalah aplikasi video konferensi yang telah lama ada, lalu diakuisisi oleh Cisco pada 2007.

Fokus dari aplikasi ini memang digunakan untuk bisnis, namun tidak ada salanya untuk menggunakannya saat lebaran nanti untuk video call bareng kelaurga.

Selama pandemi saat ini, fitur versi gratis telah diperluas dari 50 menjadi 100 peserta, tapi dibatasi hingga 50 menit.

sumber okezone

  • Bagikan