Mungkinkan Chipset Seukuran Kuku, IBM Berbagi Cerita Kembangkan Chipset 2nm dan Potensinya

  • Bagikan
25570614 penelitian ibm chip 2nm

Penelitian-IBM-chip-2nm

Cakrawalarafflesia – Perusahaan penyedia layanan teknologi hybrid cloud dan Artificial Intelligence (Al) bernama IBM dikabarkan telah berhasil mengawali pengembangan chipset 2 nanometer (nm).

Chipset 2nm ini memang belum sampai final, namun pihak IBM mengonfirmasi bahwa desain 2nm IBM merupakan skala lanjutan semikonduktor menggunakan teknologi nanosheet IBM. Pengembangan ini dilakukan selama empat tahun setelah IBM mengumumkan pencapaian akhir pada chipset 5nm.

Menurut IBM, terobosan terakhir ini memungkinkan chipset 2nm untuk dapat memuat 50 miliar transistor dalam sebuah chip seukuran kuku. Dario Gil selaku SVP and Director of IBM Research menjelaskan bahwa inovasi yang terdapat dalam chip 2nm ini penting untuk keseluruhan semikonduktor dan industri IT.

“Chip ini adalah produk dari pendekatan IBM dalam mengambil tantangan teknologi yang sulit dan menunjukkan bagaimana sebuah terobosan dapat menghasilkan investasi yang berkelanjutan dan kolaborasi pendekatan ekosistem Penelitian dan Pengembangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Inklusi Keuangan, 25% Peserta Kartu Prakerja Jadi Bankable

Pihak IBM menilai bahwa semikonduktor memainkan peran penting dalam segala hal mulai dari peralatan hingga perangkat komunikasi, sistem transportasi, dan infrastruktur penting. Selain itu, terdapat derasnya permintaan dari berbagai produsen untuk peningkatan kinerja chip dan efisiensi energi terutama di era hybrid cloud, Artificial Intelligence (AI), dan Internet of Things.

IBM pun menyebutkan bahwa chipset 2nm dapat mencapai kinerja 45% lebih tinggi dan penggunaan energi 75% lebih rendah daripada chip 7nm. IBM juga membeberkan beberapa potensi dan manfaat dari penggunaan chipset dengan teknologi fabrikasi 2nm ini.

Chipset 2nm dapat meningkatkan masa pakai sel baterai sebanyak empat kali lipat. Hal ini berdasarkan statistik penggunaan saat ini pada telepon selular dengan fabrikasi 7nm. Selain itu, chipset yang lebih kecil ini dapat mengurangi jejak karbon data center.

IBM-kembangkan-chipset-2nm

Yang mana hal itu terhitung sebesar 1% dari penggunaan energi di dunia. Dengan mengganti server ke prosesor berbasis 2nm, maka dapat berpotensi mengurangi angka persentase tersebut secara signifikan. Chipset 2nm juga akan mempercepat fungsi laptop mulai dari proses aplikasi yang lebih cepat, asistensi dalam menerjemahkan bahasa dengan mudah, hingga akses internet yang lebih cepat.

Baca Juga :  Qualcomm Kenalkan Chipset 5G Terjangkau, Snapdragon 780G

Kemudian chipset 2nm akan berkontribusi terhadap deteksi sebuah objek dengan lebih cepat dan waktu bereaksi pada kendaraan otomatis seperti mobil yang bisa berjalan sendiri. Upaya pengembangan chipset 2nm ini telah dilakukan di Albany Nanotech Complex di Albany, New York.

Para ilmuwan IBM telah bekerja sama dengan mitra sektor publik dan swasta untuk mendorong batas kemampuan penskalaan logika dan semikonduktor. Pendekatan inovasi kolaboratif ini menjadikan IBM Research Albany sebagai ekosistem terdepan di dunia untuk penelitian semikonduktor dan menciptakan jalur inovasi yang kuat.

gadget trend

  • Bagikan