Mengenal Masjid Aschabul Kahfi, Tempat Ibadah dalam Perut Bumi

  • Bagikan
214e3c8b ilustrasi gua vertikal 169

Masjid Aschabul Kahfi dikenal sebagai masjid yang berada di bawah tanah. Berlokasi di Tuban, Jawa Timur, arsitektur masjid ini mungkin menjadi salah satu yang terunik di dunia.

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi tepatnya berada di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Dari depan, hanya terlihat gerbang masuk. Untuk beribadah, pengunjung harus turun ke dalam gua.

Terdapat tangga yang mengantar pengunjung dari atas ke bawah. Setelah menuruni tangga, pengunjung bisa langsung menemui ruang ibadah utamanya.

Pembangunan Masjid Aschabul Kahfi merupakan ide dari KH Shubhan. Beliau juga merupakan pemimpin Pondok Pesantren Aschabul Kahfi yang tak berada jauh dari masjid.

Baca Juga :  Teks Khutbah Jumat : Atasi Bisikan Jahat

Awalnya ia melihat gua ini tak berpenghuni, lalu dengan ide kreatifnya pada tahun 2002 ia mengubah lokasi tersebut menjadi tempat ibadah seluas tiga hektare.

Karena berada di dalam tanah, masjid ini nyaris tanpa polusi suara. Suasana yang hening di sana dirasa sempurna untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Stalaktit yang menggantung di langit-langit juga menjadi hiasan masjid. Dengan penyinaran lampu yang temaram, suasana masjid ini menjadi lebih menakjubkan.

Baca Juga :  Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Arti dan Maknanya

Walau judulnya masjid di dalam perut bumi, namun Masjid Aschabul Kahfi tetap memiliki kubah, meski tak terlalu tinggi. Di sekeliling kubah terdapat area untuk duduk-duduk pengunjung.

Selain di Tuban, masjid dalam perut bumi lainnya juga bisa ditemukan di penjuru Indonesia, seperti Masjid Baabul Munawwar di Papua, Masjid Goa Muhammad di Mojokerto, dan Masjid Tamansari di Yogyakarta.

(ard)

cnnindonesia

  • Bagikan