Penyaluran BLT-DD Wajib Disalurkan Sebelum Lebaran

  • Bagikan
3dbd4637 blt dana desa ok 16127

Kepahiang — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang, H. Ris Irianto, M.Si mengingatkan supaya pemerintah desa di Kabupaten Kepahiang segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebelum hari raya idul fitri.

Lebih lanjut disampaikan Ris Irianto, hingga Selasa (04/05/2021) baru 97 desa di Kabupaten Kepahiang yang mengusulkan pencairan DD dan sudah terverifikasi oleh pihaknya dan telah disampaikan pada Badan Keuangan Daerah (BKD) untuk proses pencairan.

Ris Irianto pun mengungkapkan, jangan sampai ada konsekuensi yang diberlakukan apabila pemerintah desa lamban dalam mengusulkan berkas pencairan. “Jauh sebelumnya kami sudah mengingatkan supaya desa segera mengajukan pencairan DD tahap I. Tujuannya agar BLT DD ini segera disalurkan kepada keluarga penerima manfaat,” ujar Ris.

Baca Juga :  Ditemukan Tewas Dalam Parit, Mayat IRT di Sosokan Baru Kepahiang

Penyaluran BLT-DD tersebut, ditegaskan Ris Irianto, bawasannya berdasarkan intruksi Kementerian Keuangan yang pointnya adalah wajib setiap Pemdes untuk menyalurkan BLT-DD sebelum perayaan Idul Fitri 2021. “Kelalaian dan keterlambatan pemerintah desa yang belum menyalurkan BLT-DD pasti ada konsekuensinya dari pemerintah pusat, terkait dengan nilai kinerja desa yang kurang dan berpengaruh pada DD tahun berikutnya,” tegas Ris Irianto.

Sedangkan reward dari pemerintah pusat, dijelaskan Ris, adalah terhadap desa yang memiliki kinerja terbaik akan mendapatkan tambahan DD sebesar Rp 288 juta. Pada tahun 2020 lalu terdapat 11 desa yang mendapatkan penambahan DD serta memiliki nilai kinerja baik di Kabupaten Kepahiang.

Baca Juga :  Sidak, Ratu Dewa Ancam Pecat PNS Nakal – cakrawalarafflesia

Diantaranya Desa Muara Langkap, Langgar Jaya, Suro Ilir, Suro Baru, Taba Aip Pauh, Lubuk Penyamun, Bukit Barisan, Tangsi Duren, Babakan bogor, Pematang Donok, dan Desa Taba Padang. “Bagi desa yang sudah melakukan pencairan DD, kami minta untuk segera menyalurkan BLT- DD. Kemudian untuk desa yang belum mengajukan, segera sampaikan berkas agar diverifikasi,” tutup Ris.

lansir Radarkepahiangid

  • Bagikan