Doa Menerima Zakat Fitrah, Dibaca Saat Mendapatkan Zakat

  • Bagikan
20f360e4 ilustrasi doa 1 169

Doa zakat fitrah adalah doa yang diucapkan ketika menerima zakat dari pemberi zakat. Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa ini saat memperoleh zakat. Berikut doa menerima zakat fitrah.

Membayar zakat adalah rukun Islam keempat. Artinya, setiap orang yang beragama Islam wajib menunaikan zakat.

Zakat diwajibkan kepada tiap Muslim yang merdeka dan memiliki harta yang telah mencapai nisab dari segala jenis harta yang wajib dizakati.

Secara umum, terdapat dua jenis zakat yakni zakat fitrah dan zakat mal atau zakat harta. Zakat fitrah yaitu zakat yang dikeluarkan setiap Muslim pada bulan Ramadan. Sedangkan zakat mal adalah zakat yang diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki harta yang telah mencapai nisab.

Harta telah mencapai nisab apabila memenuhi kriteria dua kriteria. Pertama, lebih dari kebutuhan pokok seperti, makan, sandang, tempat tinggal, kendaraan, dan alat-alat kerja. Kedua, telah mencapai haul atau satu tahun menurut kalender.

Baca Juga :  Mandi Wajib dan Mandi Sunah
Ilustrasi Zakat FitrahMustahik dianjurkan untuk mengucapkan doa menerima zakat fitrah ketika mendapatkan zakat dari pemberi zakt. (Foto: iStockphoto/Avid Photographer)

Zakat wajib diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat. Golongan orang yang berhak menerima zakat adalah fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fisabilillah, dan ibnu sabil.

Saat memberikan zakat, pemberi zakat atau muzaki dianjurkan untuk membaca niat. Sedangkan, penerima zakat atau mustahik dianjurkan untuk membaca doa menerima zakat.

Doa menerima zakat berisi berisi harapan dan permohonan kepada Allah SWT agar memberikan pahala kepada pemberi zakat dan juga membersihkan harta serta dosa-dosa.

Baca Juga :  20 Resep minuman es segar tanpa santan untuk berbuka puasa

Berikut bacaan doa menerima zakat fitrah

Warga melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Raya At Taqwa, Pekayon Jaya, Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 24 Mei 2020. Beberapa wilayah zona hijau di Kota Bekasi melaksanakan salat ied di masjid maupun lapangan dengan menggunakan protokol kesehatan. CNNIndonesia/Safir MakkiDoa menerima zakat fitrah boleh diucapkan dengan bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Aajarakallahu fiimaa a’thaita wa wabaaroka fiima abqoita wja’alahu laka thohuuron.

Artinya :

Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

Doa menerima zakat ini bisa diucapkan saat menerima zakat fitrah atau pun zakat mal. Doa ini boleh diucapkan dalam bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia.

(din/ptj)

[Gambas:Video CNN]


cnnindonesia

  • Bagikan