Legal dan Aman, Ini Aplikasi Paling Seru Buat Baca Komik dan Webtoon

  • Bagikan
fc50b938 aplikasi baca komik webtoon novel

Aplikasi Baca Komik Webtoon Novel

Cakrawalarafflesia – Komik bisa menjadi media visual favorit yang bisa kamu nikmati untuk mengisi hari.

Di dalamnya terdapat cerita menarik dari berbagai varian genre yang dipadukan dengan gambar-gambar artistik yang membuat kamu jadi tidak gampang bosan saat membacanya.

Pergeseran zaman ikut mengubah cara manusia dalam mengonsumsi media hiburan, termasuk dalam menikmati komik. Sebab, kamu tidak perlu lagi membeli salinan fisik atau menyewa komik ke perpustakaan publik.

Karena saat ini, mengikuti kisah komik favorit dapat kamu nikmati langsung dari genggaman tangan kamu hanya dengan mengunduh aplikasi baca komik di handphone atau tablet yang kamu miliki.

Selain komik, kamu juga pasti familiar dengan yang namanya webtoon. Sebetulnya kedua media ini sama-sama merupakan cerita bergambar. Hanya saja, komik kerap diasosiasikan sebagai istilah untuk penyebutan manga alias komik khas Jepang. Sedangkan webtoon (manhwa) adalah cerita bergambar yang dikaryakan oleh komikus asal Korea Selatan.

Apapun pilihan kamu, keduanya sama-sama bagus kok. Baik komik atau webtoon masing-masing punya cita rasa artistik yang unik dan menghadirkan berbagai koleksi karya yang sangat layak buat kamu tunggu bab maupun volume lanjutannya.

Aplikasi baca komik dan webtoon yang ditampilkan di bawah ini bersifat gratis. Akan tetapi, beberapa aplikasi mengharuskan kamu untuk menukar uang sungguhan agar bisa menikmati karya tertentu secara penuh. Berikut aplikasi baca komik atau webtoon yang bisa kamu unduh.

WebComics

WebComics

Salah satu aplikasi surgawi bagi kamu yang menggemari baca-baca webtoon dan novel paling adiktif. Karya-karya dalam aplikasi ini amat sangat beragam karena dihasilkan oleh para author yang berasal dari seluruh dunia. Genre paling dominan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah aksi-fantasi serta romansa-komedi yang memang sangat digandrungi oleh para pembaca berusia remaja.

Selain Bahasa Inggris, ada juga Bahasa Indonesia yang akan membuat kamu lebih mudah menelusuri komik-komik favorit. Dengan mengganti setelan bahasa sistem aplikasi ke Bahasa Indonesia, maka webtoon dan novel di dalamnya pun akan menampilkan bahasa yang sama.

Bagi kamu yang pertama kali mencoba WebComics, kamu dapat menikmati voucher spesial berupa kartu gratis baca untuk semua webtoon dan novel, termasuk bab atau episode berbayar, selama 24 jam. WebComics juga menyediakan kesempatan bagi kamu yang bercita-cita menjadi kreator dengan sistem bagi imbal yang adil.

Baca Juga :  Mulai Rp 2 jutaan, ini dia pilihan HP dengan kamera 48 MP terbaik

KOOMIK

Marvel Unlimited

Kalau masih ada orang yang menyepelekan kehebatan komikus asli Indonesia, mungkin mereka belum tahu dengan aplikasi bernama KOOMIK. Aplikasi ini menjadi wadah khusus bagi kreator komik lokal untuk membagikan karya mereka kepada jutaan pembaca komik di Indonesia.

Jangan salah, di sini tersedia komik dengan macam-macam gaya gambar dari berbagai genre menarik. Beberapa judul paling populer di antaranya adalah SHINOBI AFTERLIFE yang mengisahkan cinta segi empat dengan latar perang ninja atau Langit Merah Putih karya DS Studio yang menampilkan kehidupan sederhana dan aktual masyarakat Indonesia dengan kualitas gambar yang sungguh mengesankan.

Komik yang tersedia dalam aplikasi ini semuanya dapat kamu baca gratis. Namun, pihak aplikasi memberi akses bagi kamu untuk memberi donasi kepada para pengarang supaya mereka lebih semangat dalam berkarya.

KOOMIK boleh jadi merupakan aplikasi alternatif dari CIAYO COMICS yang resmi undur diri pada tahun 2020 lalu setelah bertahun-tahun menghibur para pengikut setia komik bernuansa kearifan lokal.

MANGA Plus by SHUEISHA

MANGA Plus by SHUEISHA

Aplikasi rekomendasi untuk pecinta komik Jepang yang wajib kamu download, nih. Aplikasi ini lumayan update dalam menyediakan bab terbaru dari sejumlah manga terpopuler, di antaranya One Piece, Jujustu Kaisen, Demon Slayer, hingga Dr. Stone.

Sayangnya, MANGA Plus hanya menyediakan beberapa bab awal dan beberapa bab paling baru saja. Keterbatasan ini berlaku bagi manga populer seperti yang kami sebutkan di atas. Hal ini bisa jadi masalah pelik bagi pembaca yang ingin mengikuti alur suatu manga dari awal sampai akhir. Beruntungnya, komik-komik yang relatif masih hijau popularitasnya menampilkan keseluruhan bab secara penuh.

Perlu dicatat pula bahwa komik yang tersedia di aplikasi ini hampir semuanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Spanyol. Hanya beberapa judul saja yang punya opsi Bahasa Indonesia seperti Monster#8, One Piece, Spy x Family, dan Black Clover.

Sedikit tips yang cukup penting dalam menggunakan aplikasi ini. Untuk menghemat konsumsi data internet, kamu dapat mengubah resolusi gambar (Low, Mid, High) pada menu pengaturan

LINE WEBTOON

LINE WEBTOON

Aplikasi penyedia webtoon paling komplet yang diprakarsai oleh LINE ini adalah sentra keseruan bagi mereka yang mendaku sebagai penggemar manhwa alias komik Korea Selatan. Sudah banyak pula film atau serial TV Korea Selatan yang diadaptasi dari cerita webtoon.

Baca Juga :  Twitter Boyong Spaces ke Browser Desktop dan Seluler

Aplikasi ini terbilang intuitif dalam mengoptimalisasi pengalaman pembaca komik. Saat pertama kali masuk, kamu akan disodori pilihan macam-macam genre serta gaya animasi tertentu agar sesuai dengan preferensi kamu dalam membaca ke depannya. Asyiknya lagi, semua karya yang dikemas dalam aplikasi ini dapat kamu baca secara gratis tanpa biaya sama sekali.

WEBTOON menyediakan ribuan komik a la manhwa dari berbagai genre, seperti horor, drama, romansa, hingga komedi. Asal kamu tahu aja, sudah banyak kreator asal Indonesia yang menuangkan karya-karya mereka di platform ini. Alhasil, plot atau keruwetan kisah yang ditampilkan jadi lebih “relatable” dengan kehidupan personal kamu.

Fitur unik dari aplikasi ini adalah kolom komentar untuk setiap episodenya. Dalam sesi komentar ini, pembaca dapat saling memberi ulasan atau mungkin mengulik fakta menarik seputar episode yang bersangkutan. Selain itu, tersedia opsi unduh komik untuk kamu simpan dan baca ketika luring.

Marvel Unlimited

Marvel Unlimited

Kisah fenomenal Marvel dalam menguasai dunia lewat medium layar lebar memang telah berhasil menggemparkan publik. Tapi, kita semua tahu bahwa Marvel memulai dominasinya tersebut lewat karya-karya komik.

Di aplikasi Marvel Unlimited, kamu dapat mengikuti isu-isu terbaru dari semua karakter resmi Marvel yang mencakup hampir semua peredaran komik. Sudah pasti kamu akan semakin akrab dengan beberapa karakter Marvel terfavorit seperti Captain America, Spider-Man, Iron Man, sampai Doctor Strange.

Ilustrasi visual dan gaya animasi khas komik Amerika Serikat ini ditampilkan dalam resolusi tinggi dan pasti membuat kamu atau bahkan orang yang sebelumnya tidak menggemari Marvel jadi jatuh hati.

Hanya saja, aplikasi ini membebankan biaya berlangganan sebanyak USD 9,99 atau sekitar 140 ribu rupiah setiap bulannya. Sekadar coba-coba, kamu dapat menikmati fitur Free Trial dengan opsi berlangganan otomatis setelah lewat masa tujuh hari percobaan.

Namun, dengan kualitas grafis yang tergolong “sangat niat” serta akses menuju karya komikus dunia secara up-to-date yang besar membuat biaya yang kamu keluarkan jadi terasa sepadan, kan?

gadget trend

  • Bagikan