Doa Lailatul Qadar dan Artinya yang Dibaca Rasulullah

  • Bagikan
5d1ecce4 ilustrasi salat malam 169

Malam lailatul qadar adalah malam istimewa yang lebih baik dari seribu bulan. Umat Islam dianjurkan banyak berdoa di malam ini. Berikut doa lailatul qadar dan artinya yang dibaca Rasulullah.

Lailatul qadar adalah suatu malam yang terdapat di bulan Ramadan. Malam lailatul qadar ada pada salah satu malam ganjil, 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Allah SWT merahasiakan waktu pasti datangnya lailatul qadar agar umat Islam berlomba-lomba untuk beribadah di bulan Ramadan demi mendapatkan malam lailatul qadar.

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan di malam lailatul qadar adalah berdoa. Pasalnya, keutamaan malam lailatul qadar adalah Allah SWT bakal mengabulkan doa hambanya yang bersungguh-sungguh. Malam lailatul qadar juga termasuk waktu yang mustajab atau mudah dikabulkannya sebuah doa.

Baca Juga :  5 Olahan pisang khas Banjarmasin, untuk buka puasa
Muslims prayer in mosqueDoa lailatul qadar dan artinya dapat dibaca di bulan Ramadan terutama 10 hari terakhir untuk mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar. (Foto: Istockphoto/mustafagull)

Doa apa saja boleh dihaturkan kepada Yang Maha Kuasa pada malam lailatul qadar. Mulai dari doa untuk kedua orang tua, doa sapu jagat, doa meminta ampunan, doa meminta kelapangan hati, doa dimurahkan rezeki, doa keselamatan dunia akhirat, hingga doa minta jodoh boleh dibaca saat lailatul qadar atau 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Selain doa yang bersifat pribadi, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan doa lailatul qadar. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan istri Rasulullah, Aisyah.

Aisyah menyebut Rasulullah sering membaca doa lailatul qadar agar bisa mendapatkan keutamaan malam yang lebih baik dari seribu bulan itu.

Baca Juga :  Amal Yang Dapat Memasukan Kita ke Surga dan Menjauhkan Dari Neraka

Berikut doa lailatul qadar lengkap dan artinya yang dibaca Rasulullah

Prophet mohammad s a w beautiful vector name in circle illustration design.Terdapat doa lailatul qadar yang dibaca Rasulullah di bulan Ramadan. Doa ini diriwayatkan oleh istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah. (Foto: iStockphoto/mvcreation)

Doa lailatul qadar Arab

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Doa lailatul qadar latin
Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat yang Maha Pemaaf dan Pemurah, maka maafkanlah aku.

Doa lailatul qadar dan artinya ini bisa dibaca sesering mungkin di bulan Ramadan, terutama pada 10 hari terakhir. Doa lailatul qadar yang dibaca Nabi Muhammad ini juga bisa dikombinasikan dengan doa lain.

(ptj)


cnnindonesia

  • Bagikan
Positive SSL