6 Ibadah Sunah dan Amalan Lailatul Qadar

  • Bagikan
3546afbc b2a7 4268 9ef9 81374aed2522 169
Jakarta, cakrawalarafflesia —

Malam lailatul qadar memiliki banyak keistimewaan, salah satunya lebih baik dari seribu bulan. Untuk mendapatkan keistimewaan tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah dan amalan lailatul qadar di bulan Ramadan.

“Pada dasarnya, dianjurkan untuk melaksanakan amalan apapun yang bernilai ibadah,” kata ustaz Syafri M Noor kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Surat Al-Qadar ayat 1-5, malam lailatul qadar adalah malam yang penuh kemulian dan lebih baik daripada seribu bulan. Allah SWT akan memberikan kemuliaan dan keutamaan malam lailatul qadar itu untuk orang yang bersungguh-sungguh dalam beribadah.

Ustaz Syafri menjelaskan terdapat sejumlah amalan lailatul qadar yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadan, terutama 10 malam terakhir untuk mendapatkan lailatul qadar.

Berikut amalan malam lailatul qadar

1. Membaca Alquran

Umat muslim membaca Al-Quran di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Barkah meniadakan program one night one juz (satu malam satu juz) Al-Quran dalam pelaksanaan salat tarawih Ramadan 1442 Hijriah tahun 2021 menyesuaikan surat edaran Wali Kota Bekasi terkait pedoman ibadah berjamaah di tengah situasi pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Suwandy/hp.Membaca Alquran adalah salah satu amalan malam lailatul qadar yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. (Foto: cakrawalarafflesia FOTO/Suwandy)

Malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Alquran. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran seperti yang pernah dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

2. Salat Sunah

ilustrasi salatSalat sunah adalah salah satu amalan lailatul qadar yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. (Foto: istockphoto/CiydemImages)

Ibadah sunah malam lailatul qadar yang pernah dilakukan Rasulullah adalah mendirikan salat sunah di malam hari seperti tarawih, witir, tahajud, hajat dan lainnya.

Baca Juga :  1 Ramadhan 2020 / 1441 H Jumat 24 April Menurut Muhammadiyah

Hal ini sesuai dengan penuturan istri Nabi Muhammad, Aisyah RA.

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا دخل العشر احيا الليل وايقظ اهله وشد المئزر

“Apabila Rasulullah SAW memasuki malam sepuluh terakhir bulan ramadan, beliau beribadah dengan sungguh-sungguh serta membangunkan anggota keluarganya,” hadis yang diriwayatkan Aisyah.

3. I’tikaf

Pengurus Masjid membaca  Al Quran di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/4/2020). Pada bulan Ramadhan, selain berpuasa umat islam juga memperbanyak kegiatan ibadah seperti tadarus Al Quran, itikaf, berzikir dan shalat sunnah guna menambah amalan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/NZI’tikah adalah salah satu amalan lailatul qadar dengan menetap di masjid untuk beribadah karena Allah SWT.(Foto: cakrawalarafflesia FOTO/RAISAN AL FARISI)

I’tikaf adalah ibadah yang dilakukan dengan berdiam di dalam masjid dengan niat karena Allah. I’tikaf memiliki sejumlah syarat yakni harus beragam Islam, balig, berakal, serta suci dari hadas.

Melaksanakan I’tikaf juga perlu dibarengi dengan rangkaian ibadah lainnya seperti banyak membaca shalawat serta salat.

4. Zikir

Amalan malam lailatul qadar lainnya dapat dilakukan dengan memperbanyak zikir sambil terus mengingat Allah, disertai memohon ampunan.

Pasalnya, salah satu keutamaan dari lailatul qadar adalah ada banyak malaikat turun ke bumi dan senantiasa mengaminkan setiap doa yang dipanjatkan umat Islam di malam tersebut.

Baca Juga :  Dalam Sejarah, Masjid dan Gereja Pernah Satu Atap

5. Sedekah

Ilustrasi Zakat FitrahBersedekah merupakan salah satu amalan lailatul qadar yang bisa dilakukan di bulan Ramadan.(Foto: iStockphoto/Avid Photographer)

Kemuliaan lailatul qadar juga dapat diperoleh dengan memperbanyak sedekah dalam hal apapun dan kepada siapapun yang membutuhkan di sekitar kita.

6. Doa lailatul qadar

Ustaz Syafri juga menyebut bentuk amalan malam lailatul qadar lainnya yang bisa dikerjakan adalah memperbanyak membaca doa seperti yang diajarkan Nabi Muhammad.

Berikut doa lailatul qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afwun tuhibbul afwa fa’fu anni.

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha memberikan maaf dan Engkau suka memberikan maaf, karenanya maafkanlah aku.

Allah SWT merahasiakan waktu datangnya malam lailatul qadar. Oleh karena itu, umat Islam harus berlomba-lomba untuk mendapatkan keistimewaan malam lailatul qadar.

“Kejar malam qadar itu pada setiap malam bulan Ramadan sejak malam pertama sampai malam terakhir sepanjang 30 malam,” tulis Ahmad Sarwat dalam bukunya Jaminan Mendapat Lailatul Qadar tentang Kiat Mendapatkan Malam Qadar.

Itulah ibadah sunah dan amalan lailatul qadar yang bisa dilakukan di bulan Ramadan untuk mendapatkan keutamaan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

(avd/ptj)


cnnindonesia

  • Bagikan