2 Film Indonesia tentang Misteri Babi Ngepet

  • Bagikan
1d6b8283 film skandal cinta babi ngepet 169
Jakarta, cakrawalarafflesia —

Babi ngepet tengah menjadi perbincangan, usai sejumlah warga Depok, Jawa Barat menangkap seekor babi yang berkeliaran Selasa (27/4) dini hari.

Mengenai kejadian tersebut, warga setempat menduga hewan itu ‘babi ngepet’, hewan mistis yang menurut tuturan temurun berwujud asli manusia.

“Untuk sampai saat ini, sampai kronologi semalam ini, ya itu memang babi ngepet,” tutur Abdul Rosad.

Babi ngepet telah lama menjadi mitos di Indonesia. Kisahnya kerap diceritakan turun temurun, bahkan menjadi inspirasi untuk sejumlah karya fiksi berupa film.

Setidaknya ada dua film Indonesia yang mengisahkan mitos babi ngepet, di antaranya:

1. Ingin Cepat Kaya (1976)

Sosok babi ngepet pernah digambarkan dalam film Ingin Cepat Kaya yang tayang tahun 1976, karya sutradara Agus Latief. Film tersebut dibintangi sederet aktor dan aktris, termasuk Muni Cader dan Lenny Marlina.

Mengutip situs Perpustakaan Nasional, film ini diilhami dari kepercayaan akan adanya babi ngepet, babi yang berasal dari manusia untuk maksud mencuri harta orang lain.

Film kisahkan Kosim, pria yang selalu gagal dalam berjudi dan berusaha untuk mengakhiri hidupnya. Atas saran sejumlah orang, Kosim akhirnya batal bunuh diri.

Film Ingin Cepat KayaFilm Ingin Cepat Kaya (1976) (Foto: Tangkapan layar web perfilman.perpusnas.go.id)

Ia disarankan untuk pergi ke gua siluman untuk mencari ilmu pada petapa sakti. Di sana, Ia mendapat ilmu menjadi babi. Untuk itu ia harus mengorbankan seorang anaknya sebagai syarat.

Setelah itu, Kosim kembali ke desanya dan mengamalkan ilmu tersebut. Ia menjelma menjadi babi ngepet dan mencuri di beberapa tempat. Hal tersebut membuatnya kalap.

Akhirnya, identitasnya terungkap dan warga pun berupaya menanggap Kosim yang telah menjelma menjadi seekor babi. Nasib buruk akhirnya menimpa Kosim.

Film yang kala itu didistribusikan oleh PT Tobali Indah Film hanya dapat ditonton orang dengan usia 17 tahun ke atas.

2. Skandal Cinta Babi Ngepet (2008)

Film yang mengisahkan misteri babi ngepet lainnya adalah Skanda Cinta Babi Ngepet yang tayang perdana 2008 lalu. Film ini dibintangi oleh Ratu Felisha.

Skanda Cinta Babi Ngepet mengisahkan Putri (Ratu Felisha), pelajar SMA yang hidup teramat liar dan nakal. Demi menambah uang jajan, ia pun rela tidur dengan sejumlah pria dengan bayaran.

Hidup Putri berubah ketika sebuah kecelakaan menimpanya kala berlibur ke kawasan Puncak, Jawa Barat. Warga setempat yang bernama Ridho (Ferry Fernandez) menyelamatkan Putri.

Mereka kemudian menjadi dekat dan akhirnya menikah. Awalnya bahagia, namun kehidupan mereka berubah menjadi susah. Mereka amat miskin.

Seorang warga memberi tahu mereka cara untuk menjadi kaya dengan menjadi babi ngepet. Sejak saat itu, sejumlah hal buruk terjadi pada pasangan tersebut.

FIlm disutradarai KK Dheeraj, selain Ratu Felisha dan Ferry Fernandez, hadir pula mendiang komedian Olga Syahputra.

(fjr)


Source link

  • Bagikan