Mengulas berbagai Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan

  • Bagikan
65cbb13a ilustrasi akupuntur 2 169

Akupunktur merupakan salah satu metode pengobatan tradisional asal China yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Berikut beberapa manfaat akupuntur.

Pada dasarnya, teknik ini percaya bahwa penyumbatan aliran energi tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Umumnya, ahli akupunktur akan menusukkan jarum setipis rambut ke titik-titik tertentu di seluruh tubuh untuk melancarkan aliran energi, merangsang penyembuhan, dan meningkatkan relaksasi.

Dipercaya ada lebih dari 1.000 titik akupunktur pada tubuh. Masing-masing terletak pada saluran energi yang tak terlihat. Setiap titik dikaitkan dengan sistem organ yang saling berbeda.

Seperti dikutip Very Well Health, para peneliti belum sepenuhnya memahami bagaimana akupunktur bekerja.

Namun, salah satu teori percaya bahwa akupunktur bekerja dengan merangsang pelepasan endorfin, hormon yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Manfaat akupuntur

Akupunktur dikatakan bermanfaat dalam mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk:

– Kecemasan

– Radang sendi

– Sakit kronis (seperti sakit kepala, sakit punggung, sakit leher)

– Depresi

– Insomnia

– Migrain

– Mual

– Linu panggul

– Gangguan sinus

– Stres

– Tinnitus

– Penurunan berat badan

Baca Juga :  5 Sayuran yang baik dikonsumsi penderita kolesterol

Beberapa orang menggunakan akupunktur untuk meningkatkan kesuburan. Itu juga digunakan sebagai metode untuk berhenti merokok dan komponen pengobatan untuk kecanduan lainnya.

Ada pula akupunktur wajah yang digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit.

Berikut beberapa manfaat akupuntur untuk kesehatan berdasarkan penelitian.

Nyeri punggung bawah

Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine pada 2017, para peneliti menganalisis uji coba yang diterbitkan sebelumnya tentang penggunaan terapi non-farmakologis (termasuk akupunktur) untuk nyeri punggung bawah.

Penulis laporan tersebut menemukan bahwa manfaat akupuntur dikaitkan dengan penurunan intensitas nyeri dan fungsi yang lebih baik segera setelah pengobatan akupunktur, dibandingkan tanpa akupunktur.

Namun, dalam jangka panjang, perbedaannya kecil atau tidak jelas.

Migrain

Dalam ulasan yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews pada 2016, para ilmuwan meninjau 22 uji coba yang diterbitkan sebelumnya (melibatkan 4985 peserta).

Dalam kesimpulannya, mereka menemukan bahwa menambahkan akupunktur untuk pengobatan gejala migrain dapat mengurangi frekuensi sakit.

Sakit Kepala

Sebuah tinjauan pada 2016 (melibatkan 12 percobaan dan 2.349 peserta) menunjukkan bahwa manfaat akupuntur yang melibatkan setidaknya enam sesi dapat membantu orang yang sering mengalami sakit kepala karena tegang.

Baca Juga :  4 Minuman Kemasan yang Perlu Dihindari

Dalam dua penelitian, akupunktur yang ditambahkan ke perawatan biasa atau pengobatan hanya pada onset sakit kepala (biasanya dengan obat nyeri) membuat penurunan frekuensi sakit kepala dibandingkan dengan yang hanya diberikan perawatan biasa.

Sakit lutut

Analisis studi yang diterbitkan sebelumnya menemukan bahwa akupunktur meningkatkan fungsi fisik dalam jangka pendek dan panjang pada orang dengan nyeri lutut kronis karena osteoartritis, tetapi tampaknya hanya memberikan pereda nyeri jangka pendek (hingga 13 minggu).

Ulasan lain, yang diterbitkan dalam JAMA Surgery, menganalisis penelitian sebelumnya tentang intervensi non-farmakologis untuk manajemen nyeri setelah artroplasti lutut total dan menemukan bukti bahwa akupunktur menunda penggunaan obat opioid oleh pasien untuk menghilangkan rasa sakit.

Namun, seperti halnya pengobatan lain, akupunktur juga menimbulkan sejumlah efek samping. Di antaranya kelelahan, rasa nyeri, memar, sakit kepala, serta ledakan emosional.

Untuk mendapat hasil terbaik dan manfaat akupuntur, lakukan akupunktur dengan praktisi atau dokter berlisensi.

(agn)


Source link

  • Bagikan