Turnamen Khusus Atlet Perempuan Dorong Keterbukaan Esports Indonesia

  • Bagikan
0fdbb560 98823 semuel abrijani pangerapan esports atlet esports perempuan



98823 semuel abrijani pangerapan esports atlet esports perempuan

cakrawalarafflesia – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan hadirnya turnamen olahraga permainan atau esports yang dikhususkan bagi peserta perempuan dapat mendorong inklusi dan memberikan kemudahan perkembangan ekosistem esports di Indonesia yang saat ini dianggap masih didominasi oleh pria.

Berbicara saat membuka turnamen esport Dignity of Srikandi Kartini Edition yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi), Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika (Aptika) dari Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan talenta atlet esports perempuan harus dikembangkan dan didukung.

Adapun turnamen esports khusus perempuan ini mempertandingkan permainan Mobile Legends: Bang Bang. Turnamen itu mulai digelar pada Selasa (27/4/2021).

“Bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkuat talenta perempuan- perempuan agar mau bergabung ke dalam ekosistem esport Indonesia sehingga eksositem esport Indonesia menjadi lebih inklusif,” kata Semuel.

Baca Juga :  Among Us Akan Tambahkan Abu-abu Sebagai Warna Baru

Baca Juga:
Turnamen Mobile Legends Dignity of Srikandi Kartini Edition Resmi Digelar

Selain mendorong inklusi ekosistem, kehadiran turnamen khusus talenta esport wanita itu pun sejalan dengan misi kesetaraan gender yang diusung Presiden Joko Widodo dalam kepemimpinan periode keduanya.

Diharapkan ke depannya semakin banyak turnamen yang menggaet para talenta esport wanita di Indonesia untuk mewujudkan kesetaraan dalam iklim olahraga itu.

“Kita harap ke depannya hal serupa dapat membentuk eksositem esport Indonesia dan mendukung semakin banyaknya atlet esport di Indonesia sehingga dapat berkompetisi lebih banyak di ajang gaming internasional,” ujar Semuel.

Dalam kurun waktu hampir lima tahun terakhir, olahraga berbasis permainan atau dikenal dengan sebutan esport berkembang dengan pesat di Indonesia. Kehadiran turnamen esport di dalam Asian Games di Indonesia pada 2018 seakan menjadi momentum semakin berkembangnya olahraga tersebut.

Baca Juga :  BTR Kalah Lawan Geek Fam, Kyy Akui Branz Masih Belajar Pakai Hero Ling

Meski demikian, melihat masih terjadinya kesenjangan cakrawalarafflesia pemain esport pria dan wanita, maka Dignity of Srikandi yang digagas oleh Dyandra Promosindo pun hadir untuk memberikan ruang lebih bagi para atlet esport wanita di Indonesia.

Baca Juga:
EVOS Divisi MLBB Cari Pemain Baru, Ini 4 Syaratnya

Adapun turnamen esport Dignity of Srikandi Kartini Edition ini diikuti oleh empat tim. Mereka adalah Evos Lynx, Belleton Era, Alter Ego NYX, dan Unknown. Turnamen itu dapat disaksikan langsung pada tanggal 27-28 April 2021 melalui siaran langsung akun YouTube Dignity Project Esports dan Asensi. [Antara]





Source link

  • Bagikan
Positive SSL