Apple Digugat Atas Klaim Lebay soal iPhone Tahan Air

  • Bagikan
1749aed6 69557 iphone 12



69557 iphone 12

cakrawalarafflesia – Apple digugat oleh publik dalam gugatan class action atas klaim berlebihan soal iPhone tahan air. Menurut gugatan yang diajukan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat, klaim yang dilontarkan Apple dalam promosi tidak sesuai dengan kenyataan.

Seperti kebanyakan vendor smartphone lain, Apple juga menyertakan klaim soal produk tahan air di iPhone mereka. Perusahaan mengatakan ketahanan ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Kemudian, beberapa hari lalu ada juga laporan soal iPhone yang ditemukan dari danau setelah tenggelam beberapa bulan. Ajaibnya, iPhone masih berfungsi, bahkan tanpa perlindungan air tambahan.

Namun gugatan yang diajukan pada minggu lalu ini mengklaim bahwa Apple telah melebih-lebihkan kemampuan tahan air dari perangkat mereka. Tuduhan ini didaftarkan sebagai gugatan class action dengan Antoinette Smith sebagai penggugat yang mewakili semua orang dengan kasus serupa.

Baca Juga :  Jabatan Nyentrik Elon Musk di Tesla

Baca Juga:
Apple Resmi Kenalkan iOS 14.5, Bawa Fitur Apa Saja?

Gugatan ini diajukan dengan total 13 halaman yang semuanya berisi tentang masalah ketahanan air di produk Apple. Salah satunya adalah iPhone 7 yang diklaim memiliki sertifikat IP67 untuk tahan air maksimum hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Kemudian ada pernyataan soal iPhone 11 Pro dan Pro Max yang diklaim memiliki sertifikat IP68 untuk tahan air hingga 4 meter selama 30 menit. Ada juga iPhone 12 yang dinyatakan tahan air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Gugatan tersebut menyatakan, meskipun semua ponsel sesuai dengan syarat ketahanan air, namun sertifikasi uji laboratorium berbeda dengan tes di kolam ataupun laut.

Baca Juga :  Berikan Penyegaran, GoPlay Buka Peluang Kreator Konten Agar Berkembang

Artinya, apabila ponsel yang kena cipratan atau terendam tidak sengaja, maka klaim tahan air dari Apple tidak berlaku. Sebab, air tersebut tidak sama dengan kriteria air di lab, di mana air mengandung klorin atau garam.

Kemudian, gugatan juga membahas soal kebijakan Apple yang tidak menerima kerusakan karena cairan tertentu seperti jus atau kopi. Sebab, cairan itu bisa mengubah indikator kontak menjadi warna merah. Dengan demikian, Apple bisa menolak garansi yang diajukan konsumen.

Baca Juga:
Bocoran iPhone 13 Mini, Ada Kamera Diagonal di Belakang





Source link

  • Bagikan