Saksikan Pink Supermoon Malam Ini, Terbesar dan Tercerah di 2021

  • Bagikan
32faa599 26714 pink moon


cakrawalarafflesia – Bulan Purnama pada April akan menjadi yang terbesar dan paling cerah tahun ini, sekaligus sebagai fenomena supermoon yang pertama dari dua supermoon pada 2021.

Disebut sebagai supermoon karena Bulan Purnama pada April akan mencapai waktu yang hampir bersamaan dengan orbit elipsnya yang juga melakukan pendekatan terdekat ke Bumi, sehingga Bulan akan tampak besar dan lebih terang daripada biasanya.

Bulan purnama kali ini akan jatuh pada 27 April. Pada saat mencapai fase Bulan penuh, satelit alami Bumi itu akan berada di konstelasi Libra dan jaraknya menjadi 357.000 km dari Bumi.

Baca Juga :  Salut! Penjual Ini Beri Es Krim Gratis Selamanya untuk Penghafal Al-Quran

Selain pada 27 April, supermoon lainnya pada tahun ini akan terjadi pada 26 Mei mendatang.

Baca Juga:
Jangan Lewatkan Supermoon April, Terbesar dan Tercerah Tahun Ini

Bulan Purnama pada April disebut sebagai Pink Moon secara tradisional oleh suku asli Amerika dan pemukim kolonial di Amerika Serikat.

Tetapi, bukan berarti Bulan tersebut memiliki warna pink atau merah muda, tetapi karena bertepatan dengan mekarnya bunga musim semi di belahan Bumi utara.

Posisi Supermoon April 2021. [In the sky]
Posisi Supermoon April 2021. [In the sky]

Suku asli Amerika umumnya memberikan nama atau julukan yang berbeda-beda pada Bulan Purnama setiap bulannya. Tradisi ini telah dipopulerkan dalam beberapa dekade terakhir oleh Farmers’ Almanac di Amerika Serikat.

Baca Juga :  Call of Duty Mobile Segera Dapatkan Mode Baru

Dalam skema Farmers’ Almanac, moss pink atau wild ground phlox adalah salah satu bunga paling awal yang tersebar di musim semi.

Sesuai dengan namanya, bunganya berwarna merah muda dan itu juga menjadi sebutan untuk Bulan Purnama pada April.

Baca Juga:
8 Fenomena Langit Menarik Terlihat di Indonesia Sepanjang 2020

Meski begitu, dalam versi catatan sejarah lainnya, Bulan Purnama April juga dapat memiliki julukan lain, seperti Full Sprouting Grass Moon karena rumput baru mulai tumbuh saat ini.





Source link

  • Bagikan