Rider Italia Binaan Rossi Sanggup Geser Dominasi Rider Spanyol?

43


Berita MotoGP: Valentino Rossi mendapat pujian lantaran pengembangan para pebalap muda asal Italia lewat akademi VR46 mulai menunjukkan hasil positif. Bahkan, diantaranya sudah menjadi pebalap hebat MotoGP.

_

Didirikan pada 2013, VR46 Riders Academy ini mengusung misi mengorbitkan talenta dari Negeri Pisa menuju MotoGP. Sebagaimana diketahui, akademi balap milik Valentino Rossi telah menelurkan banyak sekali talenta muda hebat di ajang balap kasta tertinggi ini. Sebut saja Francesco Bagnai dan Franco Morbidelli yang sudah menjadi salah satu rider top serta ada Luca Marini yang baru saja naik kelas.

Kini sudah ada tiga pebalap akademi VR46 di kelas premier dengan Franco Morbidelli sebagai jebolan tersukses berkat catatan tiga kemenangan. Hadirnya akademi pebalap VR46 memberi harapan bagi Italia untuk memutus dominasi pebalap Spanyol di MotoGP.

Baca Juga :  Jelang GP Doha, Jack Miller Bakal Pelajari Data Dari Seri Perdana Lalu

Sejak gelar terakhir Valentino Rossi pada 2009, hanya sekali MotoGP tidak dimenangi pebalap asal Negeri Matador. Pun demikian dengan musim lalu ketika Joan Mir merengkuh gelar juara pada musim keduanya di kelas MotoGP.

Persaingan rider Spanyol dan Italia memang kerap menjadi sorotan para penggemar MotoGP, tak terkecuali dari legenda balap, Loris Capirossi. Pemenang gelar GP125 dan GP250 itu merasa bahwa Spanyol lebih berhasil dalam menjaring bakat-bakat terbaik untuk dibawa ke MotoGP.

“Ada beberapa fenomena di luar sana, namun mereka perlu ditemukan,” ujar Loris Capirossi sebagaimana dilansir dari GPOne.

“Beberapa tahun terakhir, akademi rider Italia telah menghasilkan banyak juara, kami melihatnya di kelas MotoGP dan Moto2. Ini selalu menjadi seperti sebuah roda yang berputar. Spanyol tentu menghasilkan lebih banyak talenta daripada kami pada saat ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ducati Rilis Motor Serba Merah di MotoGP 2021

Kendati demikian, bukan berarti Italia tak memiliki peluang, salah satunya berkat kehadiran akademi pebalap VR46. Loris Capirossi menilai Valentino Rossi melalui VR46 telah bekerja dengan baik.

Rider berusia 42 tahun itu dianggap sukses mengembangkan bakat-bakat muda Italia agar bisa bersaing di kelas tertinggi. Jika semua pembinaan itu berjalan lancar, bukan tidak mungkin pebalap Italia akan kembali mendominasi MotoGP.

“Tapi harus dikatakan bahwa Valentino Rossi telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan pebalap muda. Dengan VR46 dia memberi mereka semua guncangan yang bagus dan mengembangkan beberapa pebalap muda yang hebat,” tukasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, VR46 Riders Academy, MotoGP 2021





Source link