Kenapa Saat Charge Baterai Handphone Justru Tidak Bertambah? Ini Alasan dan Solusinya!!

  • Bagikan
a5021d81 smartphone charger

Kenapa Charge Hp Tidak Bertambah Header[Ilutrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Baterai merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah handphone. Karena tanpa dukungannya, perangkat tentu tak akan bisa menyala atau beroperasi secara maksimal.

Namun seiring berjalannya waktu, komponen tersebut kadang-kadang justru menjadi sumber masalah baru yang bisa mengganggu berbagai macam aktivitas para pengguna sehingga perlu segera diperbaiki.

Salah satu masalah yang umum terjadi adalah menurunnya sistem pengisian daya. Banyak terjadi di sekitar kita, kapasitas baterai handphone tidak bertambah (bahkan justru malah berkurang) padahal sedang tersambung ke pengisi daya atau di-charge.

Permasalahan pengisian daya ini biasanya terjadi pada handphone-handphone yang sudah lama digunakan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang perangkat baru yang kurang mendapat perhatian (digunakan seenaknya).

Sumber masalah ini sayangnya sangat beragam, bisa berasal dari sisi peranti lunak maupun keras. Para pengguna tentu hanya dapat menyelesaikannya secara tuntas setelah mengetahui penyebabnya.

Kenapa Kapasitas Baterai Tidak Bertambah Saat Diisi?

Sama seperti tampungan air, penyebab umum kapasitas baterai tidak mau bertambah ketika diisi salah satunya diakibatkan arus masuk dari pengisi daya lebih kecil dibandingkan dengan yang keluar atau digunakan oleh sistem dan aplikasi.

Ada dua faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut meliputi kemampuan transfer daya yang memang semakin melemah atau peningkatan drastis kebutuhan daya dari handphone itu sendiri.

Penurunan kemampuan transfer daya di dalam handphone secara khusus bisa dipengaruhi oleh hal-hal teknis seperti melemahnya adaptor, kerusakan pada kabel data, berkurangnya kinerja baterai, atau ausnya port dan komponen pengisian.

Kenapa Charge Hp Tidak Bertambah - HP dan Charger

Sementara sebaliknya, peningkatan konsumsi daya bisa terjadi karena banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar, malware, handphone tetap dipakai untuk bermain permainan saat diisi, atau disipasi panas.

Baca Juga :  Akun Mobile Legends RRQ Lemon Kena Blokir Moonton?

Untuk menyelesaikan masalah-masalah ini, pengguna tentu perlu menempuh sejumlah cara yang berbeda-beda. Adapun secara lebih rinci, berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kapasitas Baterai Tidak Bertambah Saat Diisi

Muat Ulang Handphone

  1. Tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik
  2. Pilih Power off atau opsi yang sesuai
  3. Tunggu handphone hingga benar-benar mati
  4. Setelah itu, hidupkan perangkat dengan menekan tombol daya sekali lagi sampai muncul logo handphone
  5. Biarkan perangkat hingga menyala

Dengan menghidupkan ulang handphone, berbagi macam aplikasi yang bisa berjalan setelah dibuka akan dimatikan. Beban kerja perangkat tentu akan berkurang sehingga konsumsi daya pun akan semakin kecil.

Diamkan Handphone Sejenak

Setelah melakukan muat ulang, diamkan sejenak handphone sampai suhunya menurun. Disipasi panas tak hanya akan menurunkan kinerja perangkat melainkan juga mempengaruhi proses transfer daya yang sedang berlangsung.

Bagi yang belum tahu, disipasi panas adalah pembuangan energi kalor yang muncul saat handphone bekerja. Kamu mungkin sering menjumpainya di mana suhu perangkat tiba-tiba menjadi sangat panas ketika dipakai untuk bermain permainan dengan durasi cukup lama.

Hindari Bermain permainan Saat Terpasang ke Pengisi Daya

Untuk menjaga agar disipasi panas tidak terjadi secara berlebihan, jangan bermain permainan sembari mengisi daya. Proses transfer daya umumnya sudah disertai dengan pembuangan kalor. Jika masih ditambah dengan menjalankan aplikasi haus daya, maka peningkatan suhu secara signifikan tidak akan bisa dihindari.

Mendiamkan perangkat ketika diisi adalah langkah bijak yang bisa ditempuh supaya proses transfer energi listrik berjalan secara normal. Jika perlu, lakukan pengisian daya dalam kondisi handphone mati.

Baca Juga :  Vivo X60t Siap Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai dan Gunakan Antivirus

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian App atau App Management (tergantung versi dan antarmuka handphone)
    Kenapa Charge Hp Tidak Bertambah - Uninstall Aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang dimaksud
  4. Klik Uninstall

Ada baiknya, pengguna juga perlu mengevaluasi pemakaian aplikasi dalam hal ini. Hapus aplikasi yang tidak digunakan namun mempunyai dukungan untuk berjalan di belakang layar seperti media sosial atau pesan singkat.

Sedikit saran saya, coba juga untuk memindai handphone dengan aplikasi antivirus untuk mengecek apakah ada malware atau tidak. Seperti yang saya singgung di atas, kode jahat juga bisa membawa sejumlah masalah seperti konsumsi daya secara berlebihan.

Gunakan Kabel atau Adaptor Lain

Jika masih mengalami masalah setelah mencoba beberapa solusi di atas, langkah selanjutnya adalah mengganti kabel USB atau adaptor. Dua aksesori tersebut sangat berpengaruh dalam proses pengisian daya.

Kenapa Charge Hp Tidak Bertambah - Charger

Spesifikasi yang tidak sesuai atau kerusakan yang terjadi di dalamnya tentu dapat menyebabkan proses transfer daya menjadi semakin melemah sehingga menyebabkan pengisian baterai semakin lambat.

Bawa ke Tempat Servis

Beberapa solusi di atas mungkin bisa mengatasi masalah pengisian daya. Namun jika dirasa masih kurang manjur, maka tidak ada saran lain yang lebih pas kecuali membawa handphone ke tempat servis kesayangan.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui penyebabnya secara lebih jelas. Apabila baterai memang sudah mengalami distorsi sangat parah atau ada komponen yang perlu diganti, ikuti saran dari teknisi di tempat tersebut.

gadget trend

  • Bagikan