Kawasan Selatan Jawa Diguncang 2 Gempa Hari Ini, Terbaru di Sukabumi

50



31394 gempa sukabumi

cakrawalarafflesia – Dua gempa mengguncang pantai selatan Jawa pada hari ini, Selasa (27/4/2021). Kedua gempa itu sama-sama berpusat di perairan Samudra Hindia – di dekat Yogyakarta dan Sukabumi – demikian dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

_

Gempa teranyar terjadi pada sore ini, sekitar pukul 16.23 WIB. Pusat gempa, demikian BMKG, terletak di koordinat 7.86 Lintang Selatan dan 106.87 Bujur Timur, sekira 103 km tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 14 km.

BMKG mengatakan bahwa gempa itu bermagnitudo 5,6. Belum dijabarkan apa pemicu gempa itu, tetapi dipastikan gempa tersebut tidak menyebabkan gelombang tsunami.

Baca Juga :  Daftar HP Terbaik Buat Mahasiswa di 2021 Untuk Selesaikan Tugas Atau Main permainan Online

Lebih lanjut BMKG mengatakan bahwa gempa itu dirasakan di Sukabumi, Rangkasbitung, Bayah, Bogor, Jakarta, Tangerang Selatan, bahkan sampai ke Bandung. Beberapa warga di Depok juga mengaku merasakan getara gempa.

Baca Juga:
Gempa Bumi yang Dirasakan Warga Bandung Raya Berpusat di Sukabumi

Belum diketahui apakah ada kerugian atau kerusakan akibat gempa Sukabumi tersebut, demikian juga tentang cedera atau korban jiwa yang ditimbulkan.

Sementara pada Selasa pagi, sekitar pukul 10.22 WIB juga terjadi gempa dengan magnitudo 4,6 di selatan Yogyakarta. Pusat gempa, seperti dibeberkan BMKG, berada di laut sekitar 91 km barat daya Gunung Kidul.

Baca Juga :  Capai Orbit, SpaceX Catatkan Kirim 10 Astronot ke Luar Angkasa

Gempa Yogyakarta itu berpusat di kedalaman 24 km dan dirasakan di Gunung Kidul, Bantul, Sleman, dan Wonogiri. Belum ada laporan kerusakan atau korban luka serta meninggal akibat fenoeman alam tersebut.

Gempa yang tak memicu tsunami ini juga belum diketahui pemicunya. cakrawalarafflesia telah menghubungi BMKG untuk meminta penjelasan, tetapi hingga warta ini ditayangkan belum memperoleh tanggapan.

Baca Juga:
Gempa Bumi 5,6 SR Goyang Sukabumi Terasa Hingga Bandung





Source link