Begini Cara Cek Sensor di HP Samsung Rusak Atau Tidak

52

Cek Sensor Samsung Header

_

Cakrawalarafflesia –  Mengecek sensor adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan saat akan meminang sebuah handphone supaya pengguna bisa memastikan apakah perangkat benar-benar normal atau tidak.

Untuk mempermudah para pengguna dalam hal tersebut, Samsung sebagai perusahaan yang sangat rajin menelurkan berbagai tipe perangkat baru untung membekali handphone-handphone buatannya dengan fitur khusus pengecekan peranti keras.

Dengan fitur ini, para pengguna bisa mengecek berbagai aspek untuk memastikan handphone Samsung benar-benar dapat bekerja secara normal mulai dari sensor, layar, kamera, motor penggetar, sentuhan, hingga speaker.

Hanya saja, para pengguna umumnya tidak akan menjumpai fitur khusus pengecekan peranti keras ini secara langsung di dalam antarmuka sistem yang ditanamkan oleh Samsung ke dalam handphone terkait.

Baca Juga :  Ini Tanggapan realme Indonesia Terkait Skor realme GT Yang Melebihi Standar

Agar bisa menggunakannya, pengguna perlu menempuh sejumlah langkah. Adapun buat kamu yang belum tahu, berikut cara membuka fitur ini dan menggunakannya untuk mengecek sensor di handphone Samsung.

Cara Cek Sensor di Handphone Samsung

  1. Buka panel panggilan telepon (dialpad)
  2. Ketikan *#0*#
  3. Pilih opsi Sensor
    Cek Sensor Samsung 1
  4. Nantinya akan muncul data dari berbagai jenis sensor yang terdapat di dalam handphone
  5. Jika data masih selaras dengan perubahan variabel yang sesuai, maka sensor terkait masih normal
  6. Kamu juga bisa gunakan opsi Selftest atau pengujian khusus yang terdapat pada masing-masing sensor
    Cek Sensor Samsung 2

Saat berada di halaman pengecekan sensor, kamu bisa mengubah variabel dengan menggerakkan perangkat untuk mengecek sensor akselerometer, giroskop, maupun magnetis.

Kamu juga bisa membuka dan menutup sensor cahaya (umumnya terletak di bagian atas layar) untuk mengeceknya. Secara khusus, biasanya akan terjadi perubahan warna layar mengikuti intensitas cahaya yang masuk.

Baca Juga :  Harga Dan Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 5, Ponsel Tahan Banting?

Sementara saat menggunakan pengujian khusus atau Selftest pada masing-masing sensor, data yang akan ditampilkan biasanya akan membawa keterangan Pass jika mampu bekerja normal atau Fail jika gagal.
Cek Sensor Samsung 3

Perlu diketahui, mode pengetesan peranti lunak ini mungkin saja tidak terdapat pada sejumlah handphone Samsung. Jika demikian, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Sensor Box atau CPU Z.

Kedua aplikasi tersebut tersedia secara gratis di halaman Google Play Store. Kamu pun dapat menggunakannya dengan sangat mudah untuk mengecek berbagai macam sensor handphone Samsung.

gadget trend