Kapal Selam Dirancang untuk Bersembunyi, Bagaimana Mencari Nanggala-402?

  • Bagikan
ec78234d 10928 kapal selam kri nanggala 402



10928 kapal selam kri nanggala 402

cakrawalarafflesia – Operasi pencarian atas KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali pada sejak 21 April terus dilakukan. Kapal selam dengan 53 awak itu hilang kontak saat tengah mengikuti latihan penembakan rudal dan torpedo. Setidaknya 21 kapal perang dan satu pesawat patroli maritim telah dikerahkan untuk mencari KRI Nanggala.

Bagaimana cara mencari kapal selam

Ada dua tantangan utama dalam mencari kapal selam yang hilang.

Pertama adalah tantangan dalam menemukan kapal itu. Kapal selam dirancang untuk tidak mudah dilacak. Saat Nanggala menyelam dalam latihan rutin itu, kecil kemungkinan ada pelacakan terhadap kapal itu.

Baca Juga :  Hasil Pertandingan MPL Indonesia Season 7 Pekan Kelima

Baca Juga:
Eks Komandan: Alat Keselamatan Kapal Selam Nanggala-402 Sesuai Standar

Bahkan dalam latihan jarak dekat sekalipun, akan sangat sulit untuk terus-menerus melacak sebuah kapal selam dengan sonar.

Nanggala mungkin memiliki jalur yang sudah direncanakan dalam latihan, tapi lokasi yang bisa kita ketahui dengan jelas adalah lokasi saat awak kapal melakukan kontak terakhir.

Biasanya, petunjuk pertama sebuah kapal selam hilang – kecuali ada tabrakan yang jelas dengan kapal lain di permukaan – adalah tidak ada laporan rutin dari awak.

Baca Juga :  Video Call, Layanan Paling Menyedot data Smartfren dan Tri di Lebaran 2021

Angkatan-angkatan laut dunia memiliki prosedur terencana untuk memeriksa dan memulai pencarian jika sebuah kapal selam berhenti melapor.

Prosedur ini akan segea dilakukan saat laporan tidak dilakukan. Otoritas akan segera berganti dari prosedur yang dinamai “SUBLOOK” (pencarian kapal selam) ke prosedur “SUBMISS” (kapal selam hilang). Lalu, jika tidak ada harapan lagi atau ada bukti telah terjadi kecelakaan, ada prosedur “SUBSUNK” (kapal selam tenggelam).

Baca Juga:
Kabar KRI Nanggala Terkini, Ada Titik Magnet Kuat di Lokasi Pencarian

Ketidakpastian besar





Source link

  • Bagikan