Wow! Bos Junta Myanmar Mendarat di Jakarta, Hadiri KTT ASEAN

  • Bagikan
e5ac900d panglima militer myanmar jenderal min aung hlaing akan hadir pada asean leaders meeting yang digelar pada sabtu 24 april 2021 3 169

panglima militer myanmar jenderal min aung hlaing akan hadir pada asean leaders meeting yang digelar pada sabtu 24 april 2021 3 169

Jakarta, cakrawalarafflesia – Jenderal besar junta militer Myanmar, Min Aung Hlaing, telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada siang ini, Sabtu (24/04/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Istana, Panglima Militer Myanmar ini disambut oleh Duta Besar Myanmar untuk Republik Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto.

Sang jenderal akan turut menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, siang ini.

Panglima Militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing dan delegasi terlebih dahulu menjalani PCR swab test dan penapisan kesehatan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan dan selanjutnya bergerak meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju lokasi ASEAN Leaders’ Meeting {ALM) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Baca Juga :  [Video]’Mama Rindu Imran..’Kanak-Kanak Mnangls Lepas Baca Nota Kiriman Ibunya Bikin Sebak. – D Bongkar

Sebelumnya, sejumlah petinggi ASEAN lainnya telah tiba di Jakarta sejak kemarin, cakrawalarafflesia lain Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan pada pagi ini Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin.

Adapun topik yang akan dibahas dalam pertemuan KTT ASEAN kali ini yaitu terkait langkah-langkah yang tepat dalam menangani persoalan Myanmar.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin, Jumat (23/04/2021).

Baca Juga :  Kegilaan yang Dilakukan RM Kala BTS Masuk Nominasi Grammy

“Bapak presiden menekankan bahwa ALM [Asean Leaders Meeting] ini semata dilakukan untuk kepentingan rakyat Myanmar,” tuturnya.

ALM merupakan inisiasi Indonesia, dan merupakan tindak lanjut dari pembicaraan cakrawalarafflesia Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN.

Sebelumnya, utusan khusus PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener, dikabarkan juga akan hadir ke Jakarta.

Nikke Asia menyebut ia akan melakukan pertemuan khusus di sela-sela KTT. Namun rincian lanjut belum dipaparkan.

[Gambas:Video CNBC]

(wia)


Source link

  • Bagikan