Keuntungan Bayar Zakat Fitrah Secara Online – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
6e3daad1 zakat

cakrawalarafflesia -Tak terasa sebentar lagi umat Muslim di Indonesia dan dunia akan menyambut Lebaran atau hari raya Idul Fitri. Selain ibadah yang harus terus dikencangkan, Anda juga jangan sampai lupa bayar zakat fitrah.

Di masa pandemi ini selain bisa membayar zakat secara konvensional dengan mendatangi badan amil masjid di daerah rumah Anda, namun sekarang bayar zakat fitrah juga bisa dilakukan secara online. Ada banyak badan penyalur zakat resmi yang diakui oleh pemerintah yang bisa Anda jadikan wadah untuk membayar zakat fitrah Anda dan keluarga.

Terutama jika kondisi Anda kurang memungkinkan untuk melakukan pembayaran zakat fitrah langsung, opsi bayar online ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam memenuhi kewajiban ini. Jika masih ragu karena belum pernah melakukannya sebelumnya, berikut ini ada keuntungan bayar zakat fitrah secara online yang harus yang Anda ketahui.

1. Zakat fitrah online hukumnya tetap sah
Pertanyaan yang paling utama dan sering ditanyakan adalah bagaimana hukumnya bayar zakat fitrah secara online? Apakah zakatnya sah?
Jawabannya adalah sah dengan syarat Anda memilih badan amil terpercaya dan terbukti menyalurkan zakat yang dibayarkan ke orang-orang yang berhak atas zakat tersebut.

Perlu diingat bahwa syarat sahnya zakat adalah niat dari pemberi zakat. Niat yang diucapkan dalam hati saat membayar zakat fitrah online dikategorikan sah dan zakatnya bisa diberikan kepada golongan orang-orang yang berhak menerimanya.
Bayar zakat fitrah online hanya memindahkan cara menyampaikan zakatnya saja. Dananya tetap aman sampai ke tangan amil dan akan dibagi sesuai aturan yang ada.

Baca Juga :  Jawaban Alquran Terhadap Orang yang Zalim

2. Banyak pilihan tempat membayar zakat
Bayar zakat online pun tak perlu khawatir karena badan zakat seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Daarul Quran, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Rumah Zakat biasanya sudah menerima pembayaran zakat secara online.

Bisa langsung dilakukan di website masing-masing lembaga, bisa juga melalui website lain yang bekerja sama, seperti situs e-commerce populer di Indonesia, seperti Blibli.

Anda tinggal pilih lembaga penyalur zakat yang Anda percayai, lalu masukkan jumlah zakat fitrah yang ingin dibayar. Sebagai info bayar zakat fitrah berupa uang tunai melalui Blibli minimal Rp40.000 per orang atau setara 3,5 liter beras.

3. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sebelum Idul Fitri
Zakat fitrah wajib dibayar sebelum Idul Fitri dan Anda bisa melakukan pembayaran zakat online kapan saja, dimana saja selama masih dalam waktu yang ditentukan.

Bisa dilakukan di rumah, dari kantor dan dari mana saja. Anda tinggal mengakses website yang menyediakan jasa pembayaran zakat fitrah online, pilih lembaga zakat yang diinginkan, masukkan nominal dan lakukan pembayaran.

4. Tidak ada lagi lupa bayar zakat
Bayar zakat fitrah hukumnya wajib bagi umat Islam. Jadi bagi Anda yang muslim jangan sampai kelupaan membayar zakat tahunan ini ya. Jika tidak sempat ke masjid atau tidak bisa ke amil masjid karena berbagai alasan, Anda tinggal bayar secara online saja.

Baca Juga :  Tabel Huruf Hijaiyah Sambung Lengkap

Namun sekali lagi Anda harus pastikan memilih website untuk membayar zakat fitrah dan lembaga penyalur zakat yang kredibel dan memiliki track record baik dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat tepat sasaran kepada orang-orang yang membutuhkannya.

5. Zakat akan lebih produktif
Zakat fitrah yang dikumpulkan oleh lembaga penerima zakat akan jauh lebih produktif karena lembaga-lembaga ini sudah memiliki daftar orang-orang yang memang berhak menerima zakat fitrah sesuai aturan yang berlaku.

Lembaga penerima zakat pun dapat mengatur pengelolaan dan pendistribusian zakat yang efektif dan transparan kepada orang-orang yang membutuhkannya. Hal ini penting agar zakat tersampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan tepat waktu.

Jadi dengan adanya kemudahan opsi untuk melakukan pembayaran zakat fitrah secara online, jangan sampai Anda kelupaan lagi untuk menunaikan hal wajib yang satu ini ya. Jika Anda masih bisa membayar langsung ke badan amil masjid di dekat rumah, maka Anda boleh tetap melakukan zakat secara konvensional.

Namun jika terbatas waktu, tempat maupun kondisi yang tak memungkinkan, zakat fitrah online bisa jadi solusi paling baik dan nyaman dalam menunaikan kewajiban Anda ini.(wol/rls/data3)

Source link

  • Bagikan