Gak Cuma THR, Pemerintah Juga Guyur Bansos Sebelum Lebaran

  • Bagikan
4f116bb2 3f89 4e96 91d2 667563181da5 169

Jakarta, cakrawalarafflesia – Pemerintah mengatakan, untuk mendorong konsumsi, selain pencairan tunjangan hari raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS), juga akan melakukan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos)

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan, berbagai bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini dan juga bulan depan, agar segera diterima oleh masyarakat,” jelas Suahasil dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Selain itu, kata Suahasil, meskipun ada larangan mudik, pemerintah juga akan mengkampanyekan saling mengirim bingkisan pada saat hari belanja online nasional (Harbolnas).

Baca Juga :  Cek Gaji & Tunjangan PNS Sebelum Daftar, Bikin 'Nganga'!

“Juga yang tadi yang semacam Harbolnas jadi kita ingin mengkampanyekan supaya meskipun tidak mudik tapi bisa mengirimkan bingkisan,” ujarnya.

Pada saat Harbolnas berlangsung, pemerintah akan bekerjasama dengan berbagai platform e-commerce untuk bisa mengirimkan kiriman atau bingkisan sehingga bisa sampai sebelum hari lebaran.

Untuk diketahui, pemerintah menggelar program Harbolnas Ramadhan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

Dalam program Harbolnas ini, pemerintah akan menanggung biaya pengiriman barang yang dipesan masyarakat. Program Harbolnas Ramadhan ini akan digelar selama 5 hari menjelang Idul Fitri, tepatnya H-10 hingga H-5 idul fitri.

Baca Juga :  10 Mei 2020,Perayaan Hari Ibu Sedunia di Tengah Pandemi Covid-19

Kendati demikian, barang-barang yang mendapatkan gratis ongkir dari program Harbolnas ini harus produk buatan dalam negeri.

“Jadi tidak mudik, tapi bisa bagi-bagi rezeki dan bagi-bagi perhatian, dan juga kado dalam rangka silaturahmi.”

“Beberapa program ini juga difinalkan dan dalam konteks program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) juga tetap kita pantau agar penyaluran di bulan April yaitu bulan ini dan awal bulan Mei itu bisa dimaksimalkan,” jelas Suahasil.

(mij/mij)


Source link

  • Bagikan