7 Irama dan Seni Baca Alquran yang Bisa Diamalkan

  • Bagikan
eff4f6e4 6a61 4dc7 9ef1 872e523bd8da 169
Setiap umat Islam dianjurkan untuk sering membaca Alquran. Membaca Alquran bernilai pahala di sisi Allah SWT. Terdapat sejumlah irama baca Alquran dan seni baca Alquran yang bisa diterapkan dengan mudah.Seni membaca Alquran ini dikenal juga dengan An-Naghom fil Quran yang artinya memperindah suara saat tilawah atau membaca Alquran.

Bacaan ayat suci Alquran bakal lebih indah dan merdu saat disenandungkan dengan langgam Alquran ini. Orang-orang yang mendengarkan lagu tilawah Alquran ini juga bakal mudah tersentuh. Seni baca Alquran ini bisa dilakukan dengan menggunakan sejumlah irama atau lagu tilawah quran.

Terdapat 7 lagu, irama dan seni membaca Alquran yang dapat membantu Anda menyenandungkan ayat suci dengan lebih merdu.

Seorang jamaah membaca Al Quran di Masjid Cut Mutia, Jakarta. CNN Indonesia/Safir MakkiSeni baca Alquran ini dapat dipraktekkan dengan menggunakan lagu dan irama baca Alquran. terdapat 7 irama yang populer untuk membaca Alquran. (Foto: cakrawalarafflesia/Safir Makki)

1. Irama Bayyati

Irama dengan menggunakan lagu bayyati dikenal juga toha. Irama bayyati ditandai dengan suara yang lembut meliuk-liuk, memiliki gerak lambat dengan pergeseran nada yang tajam waktu turun naik dan sering terjadi secara beruntun.

Baca Juga :  Khutbah Jumat : 5 Kesalahan Terkait Shalat Berjamaah

Irama bayyati memiliki empat tingkatan nada. Biasanya irama ini digunakan sebagai lagu pembuka dan penutup.

2. Irama Hijaz

Irama Hijaz bersifat allegro yakni ringan, cepat, lincah. Irama ini juga memiliki variasi turun naik yang tajam.

3. Irama Shaba

Irama dengan lagu Shaba juga memiliki sifat allegro yakni gerak irama yang ringan. Namun, irama ini cenderung lebih mendatar tapi bisa menggugah emosi pendengarnya. Irama shaba memiliki empat variasi atau tingkatan nada.

4. Irama Rast

Aktivitas ibadah di masjid At Tin, Jakarta, Jumat, 18 September 2020. Sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam menangani Covid-19 di Jakarta maka, pelaksanaan ibadah salat Jumat di masjid At Tin ditiadakan untuk sementara waktu, namun pengelola Masjid At Tin bakal tetap mengumandangkan azan sebagai pengingat kepada masyarakat waktu salat telah tiba. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaSeni baca Alquran dengan irama rast sering dijadikan untuk irama azan.(Foto: cakrawalarafflesia/Bisma Septalisma)

Irama dengan lagu Rast memiliki enam tingkatan nada. Saat tilawah Alquran, Irama ini memiliki karakter yang ringan dan cepat. Biasanya irama Rast dipakat untuk kumandang azan maupun imam salat.

Baca Juga :  Ikuti Cara Penjual Roti ini, Agar Dapat Bertemu Imam Hambali

5. Irama Jiharkah

Irama dengan lagu Jiharkah memiliki karakteristik dengan suara minor yang khas lalu dilanjutkan dnegan nada yang tinggi. Irama jiharkah memiliki dua tingkatan nada.

Baca Alquran berlagu jiharkan ini biasanya digunakan untuk lantunan takbiran.

6. Irama Sika

Irama dengan lagu Sika memiliki sifat grave yaitu gerak lembut dan lebih khidmat. Terdapat empat jenis nada sika yang bisa digunakan.

7. Irama Nahawand

Irama dengan lagu Nahawand sering kali disenandungkan pada ayat-ayat Alquran yang sedih. Terdapat lima tingkatan nada pada irama Nahawand.

Anda bisa menggunakan seni baca Alquran dengan menggunakan sejumlah irama atau lagu saat tilawah Alquran. Langgam Alquran ini juga bisa dikombinasikan satu sama lain agar lebih indah dan merdu.

(ptj)


Source link

  • Bagikan