Yang Biasa Saja dari Poco F3 dan Poco X3 Pro

  • Bagikan
ec7973ec 26970 poco f3 dan poco x3 pro


cakrawalarafflesia – Poco Indonesia, pada Selasa malam (20/4/2021), resmi meluncurkan dua ponsel terbarunya di Indonesia: Poco F3 dan Poco X3 Pro. Kedua gawai ini dibekali dengan spesifikasi keren, tetapi dijual dengan harga cukup miring.

Poco F3 yang dipacu prosesor Snapdragon 870 dan sudah mengadopsi teknologi jaringan 5G dijual mulai Rp 5,5 juta di Indonesia. Sementara harga Poco X3 Pro yang menggunakan Snapdragon 860 mulai Rp 3,5 juta.

“Ini adalah smartphone flagship killer reborn,” seru Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse saat meluncurkan Poco F3 malam tadi.

Tetapi jika melihat lebih rinci, ada beberapa spesifikasi yang sebenarnya biasa saja atau kurang pada dua jagoan baru ini. Yang juga sekaligus menjelaskan mengapa harga keduanya bisa sangat ramah.

Baca Juga:
Beda Spesifikasi Poco X3 Pro dan Poco F3 di Indonesia

Poco X3 Pro

Spesifikasi Poco X3 Pro di Indonesia diyakini tak akan jauh berbeda dengan yang telah meluncur di negara lain. [Dok Poco India]
Spesifikasi Poco X3 Pro di Indonesia diyakini tak akan jauh berbeda dengan yang telah meluncur di negara lain. [Dok Poco India]

Kita mulai dari Poco X3 Pro. Dalam sekitar 30 menit presentasi dari Product PR Lead Poco Indonesia, Andi Renreng, sedikit sekali – bahkan tak sekalipun – ia mengulas soal panel layar X3 Pro.

Baca Juga :  Jenis Burung di Indonesia Bertambah 18, Totalnya Jadi 1.812

Padahal dalam website resmi Xiaomi maupun Poco diungkapkan bahwa Poco X3 Pro menggunakan panel IPS pada layar. Panel ini biasa ditemukan pada ponsel di segmen entry level hingga kelas menengah. Salah satu ponsel yang menggunakan layar ini adalah Poco M3, yang dijual seharga Rp 2 jutaan.

Sementara dalam presentasinya Andi juga menekankan bahwa Poco X3 Pro adalah ponsel gaming yang handal. Sayangnya dengan layar dari panel IPS, bermain permainan di ponsel ini bisa kurang optimal. Alasannya karena warna yang disajikan kurang kaya serta layar IPS dinilai lebih boros baterai saat digunakan.

Penting dicatat bahwa ada setidaknya tiga komponen paling mahal pada sebuah ponsel dan paling berpengaruh terhadap harga. Pertama adalah layar, lalu modul kamera, dan terakhir prosesor.

Baca Juga:
Spesifikasi Menawan, Harga Poco F3 di Indonesia Mulai Rp 5 Juta

Poco F3

Harga Poco F3 di Indonesia mulai Rp 5 juta. Spesifikasi Poco F3 mengandalkan prosesor Snapdragon 870. [Dok Poco Indonesia]
Harga Poco F3 di Indonesia mulai Rp 5 juta. Spesifikasi Poco F3 mengandalkan prosesor Snapdragon 870. [Dok Poco Indonesia]

Saatnya beranjak ke Poco F3 yang oleh Alvin Tse dijuluki sebagai sang phoenix, untuk menunjukkan kelasnya yang di atas Poco X3 Pro si monster.

Baca Juga :  Siap Meluncur, Huawei Watch 3 Dibekali Harmony OS

Poco F3 memang menggunakan layar Amoled yang sedang jadi tren di cakrawalarafflesia ponsel kelas menengah ke atas. Sementara prosesornya adalah Snapdragon 870, termasuk di cakrawalarafflesia chipset kelas atas saat ini.

Tetapi sebagai ponsel yang diklaim flagship killer, kamera Poco F3 tak bisa dibilang istimewa. Ia menggunakan tiga kamera belakang, dengan kamera terbesar beresolusi 48 MP.

Kamera utamanya ini setara dengan Poco X3 Pro, yang sebenarnya dipersenjatai empat kamera. Tak hanya itu, kamera utama 48 MP itu juga sangat mirip dengan kamera utama Poco M3 yang juga dibekali tiga kamera belakang.

Meski demikian harus diakui bahwa spesifikasi Poco F3 memang keren, apa lagi ia sudah dibekali teknologi 5G. Sayangnya teknologi itu, setidaknya untuk saat ini, mubazir karena Indonesia belum menggelar jaringan 5G.

Poco F3 akan dijual mulai 28 April 2021 di Indonesia. Sementara Poco X3 Pro mulai dijual 22 April.





Source link

  • Bagikan