5 Lukisan Erotis Kontroversial Karya Picasso hingga MF Husain

  • Bagikan
49ddacbc pablo picasso 169

Lukisan menjadi salah satu medium bagi para seniman untuk menuangkan ide-ide mereka. Dari soal isu sosial, hingga imajinasi liar dari pikiran mereka. Alhasil, banyak lukisan dari para seniman ternama di dunia yang membuat banyak orang jatuh cinta.

Namun, tidak sedikit pula yang kontra dengan hasil karya mereka. Sebut saja lukisan perempuan telanjang karya mendiang Édouard Manet dan Pablo Picasso yang dianggap terlalu vulgar untuk dipajang di muka umum, hingga lukisan Dewi Saraswati milik MF Husain yang berani membuat gambaran sosok yang disucikan oleh umat Hindu tersebut dalam kondisi tanpa busana.

Berikut adalah daftar beberapa lukisan erotis nan kontroversial yang pernah menuai polemik yang dilansir dari CNNIndonesia.com.

1. Édouard Manet – Olympia

Lukisan berjudul Olympia karya Edouard Manet pernah diprotes karena dianggap menunjukkan sosok yang vulgar. Dalam lukisan ini, Manet melukis seorang perempuan bernama Goya La Maja Desnuda tanpa busana. Wanita tersebut berbaring, dihadiri oleh seorang pelayan dan seekor kucing hitam, menatap misterius ke arah penonton.

Manet bahkan menonjolkan lekuk tubuh wanita tersebut dengan jelas. Tak heran, lukisan ini menjadi buah bibir warga ketika dipamerkan di Galery Art Of De France. Pihak museum bahkan menempatkan penjaga untuk mencegah perusakan dari pengunjung yang keberatan dengan lukisan ini.

2. Pablo Picasso – Les Demoiselles d’Avignon

Lukisan milik Pablo Picasso berjudul Les Demoiselles d’Avignon juga tak luput dari polemik. Lukisan ini bahkan menjadi salah satu yang paling kontroversial di dunia karena Picasso memperlihatkan lima pelacur telanjang dalam posisi dan gaya yang berbeda-beda.

Ia bahkan sangat tajam memamerkan lekuk tubuh perempuan di lukisan tersebut dengan ekspresi wajah yang aneh. Tak heran jika Les Demoiselles d’Avignon mendapat julukan sebagai lukisan wanita biadab karena perempuan dalam lukisan ini terlihat tak bermoral.

3. Balthasar Klossowski – The Guitar Lesson

Lukisan berjudul The Guitar lesson milik Balthasar Klossowski de Rola turut menjadi salah satu lukisan paling kontroversial di dunia. Dalam lukisan ini, De Rola mengaku terinspirasi oleh karya Picasso dan menampilkan tema erotis yang melibatkan wanita dewasa dan gadis muda.

The Guitar Season menampilkan erotisme cakrawalarafflesia perempuan dan gadis muda dalam posisi kurang etis. Wanita itu menggendong seorang gadis telanjang di pangkuannya seperti gitar dan tangannya berada di area intim gadis muda itu. Lukisan lantas menuai protes dari banyak orang.

4. John Singer Sargent – Madame X

Lukisan Madame X adalah salah satu lukisan kontroversial di dunia. Madame X bercerita tentang seorang ekspatriat Amerika bernama Virginie Amelie Avegno Gautreau yang mengikat janji dengan seorang bankir Prancis. John Singer melukis sosok Madame X bak seorang perempuan nan indah.

Namun, lukisan tersebut dikritik karena pose model lukisan itu terlihat vulgar, arogan dan egois. Tak hanya itu, warga juga mengkritik gaun hitam yang dipakai model dalam lukisan itu. Akibat terus-menerus ditekan oleh publik, John mengecat ulang area bahu untuk mengangkat tali gaun, tapi penghinaan masih berdatangan. Ia pun memutuskan untuk meninggalkan Paris selamanya.

5. MF Husain – Nude Saraswati

Tak hanya pelukis dari Eropa, lukisan berjudul Nude Saraswati dari Maqbool Fida Husain seorang pelukis dari India juga tak luput dari kritikan massa. Pelukis yang juga disebut Picasso-nya India ini sering melukis objek-objek yang absurd dan juga pola-pola kubisme yang terpengaruhi oleh Pablo Picasso.

Lukisan Nude Saraswati atau Dewi Saraswati yang telanjang menjadi sasaran protes warga pada tahun 1996. Warga tidak terima sosok yang sangat disucikan oleh umat Hindu tampil tidak elok.

(nly/bac)


Source link

Baca Juga :  'Colin' Colek Penggemar, Bridgerton Season 2 Segera Produksi
  • Bagikan