5 Irama Azan Salat yang Merdu dan Menyentuh Hati

  • Bagikan
77b34397 masjid at tin 6 169
Azan adalah panggilan bagi umat Islam untuk melakukan salat lima waktu. Azan juga menjadi penanda masuknya waktu salat. Terdapat sejumlah irama azan yang merdu dan menyentuh hati untuk salat.Azan yang dikumandangkan dengan irama ini dapat membuat para pendengarnya tersentuh dan tergugah untuk segera segera melakukan salat.

Irama azan bersumber dari irama baca Alquran. Dalam seni membaca Alquran, ayat-ayat suci Alquran dilantunkan dengan lagu yang mengandung irama, nada, serta penekanan sesuai dengan ilmu tajwid atau tanda baca Alquran.

Berdasarkan sejarah, irama azan dan baca Alquran ini berembang dari tanah Arab dan juga Mesir. Hingga saat ini, irama-irama tersebut masih dipakai untuk mengumandangkan azan maupun tilawah Alquran.

Berikut 5 irama azan yang merdu dan menyentuh hati.

Baca Juga :  Kisah Umar bin Khattab

1. Azan Langgam Nahawand

ilustrasi salatSalah satu irama azan yang merdu dan menyentuh hati adalah irama Nawahand. (Foto: istockphoto/CiydemImages)

Irama Nahawand memiliki karakter yang tenang dengan irama yang naik, turun, dan datar. Irama ini bisa divariasikan dan diimprovisasikan.

2. Azan Irama Bayyati

Irama Bayyati ditandai dengan nada yang meliuk-liuk, lambat, dan pergeseran nada yang mencolok. Irama bayyati memiliki empat tingkatan nada.

Azan dengan irama Bayyati biasanya dimulai dengan nada yang rendah dan berakhir dengan nada yang tinggi atau sebaliknya.

3. Azan irama Rast

Azan dengan irama Rast memiliki memiliki karakter yang ringan dan cepat. Lagu Rast memiliki enam tingkatan nada.

4. Irama Hijaz

Aktivitas ibadah di masjid At Tin, Jakarta, Jumat, 18 September 2020. Sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam menangani Covid-19 di Jakarta maka, pelaksanaan ibadah salat Jumat di masjid At Tin ditiadakan untuk sementara waktu, namun pengelola Masjid At Tin bakal tetap mengumandangkan azan sebagai pengingat kepada masyarakat waktu salat telah tiba. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIrama azan dengan lagu Hijaz merupakan salah satu irama yang paling sering digunakan dalam azan. (Foto: cakrawalarafflesia/Bisma Septalisma)

Irama Hijaz memiliki karakter yakni ringan dan cepat. Irama ini merupakan irama yang paling sering digunakan dalam azan. Irama ini juga memiliki variasi turun naik yang tajam.

Baca Juga :  Para Wanita Perindu Surga

5. Azan Langgam Shaba

Irama dengan lagu Shaba memiliki sifat allegro yakni gerak irama yang ringan. Irama ini mempunyai dua nada dasar yakni naik dan turun.

Irama Shaba cenderung bernuansa sedih dengan tujuan untuk bisa menggugah emosi pendengarnya. Irama Shaba mempunyai empat variasi atau tingkatan nada.

Itulah 5 irama azan yang merdu dan menyentuh hati. Irama azan ini bisa dipraktekkan saat mengumandangkan azan ketika masuk waktu salat.

(ptj)


Source link

  • Bagikan