Tanaman Bromelia, Cara Rawat hingga Tanam

196

Di tengah tren tanaman hias yang masih marak, Anda bisa menambah tanaman bromelia ke dalam koleksi.

Tanaman bromelia adalah tanaman tropis dengan 1800 spesies yang memberikan sentuhan eksotis pada rumah. Dari sekian banyak spesiesnya, hanya beberapa saja yang dapat dijadikan tanaman hias.

_

Varietas bromelia sebagai tanaman hias di antaranya Aecgmea, Billbergia, Nidularium, Tillandsia, Vriesea, Cryptanthus, Guzmania, dan Neoregelia.

Menumbuhkan bromeliad sebagai tanaman hias terbilang mudah dan menghadirkan tekstur serta warna yang menarik ke taman interior.

Berikut cara merawat dan menanam tanaman brocelia, seperti dilansir Gardening Know How.

Tampilan bromelia yang tidak biasa tampaknya menunjukkan bahwa tanaman tersebut membutuhkan perawatan yang tinggi dan membutuhkan keterampilan berkebun khusus.

Tanaman ini dihargai karena dedaunannya yang tebal yang tumbuh dalam bentuk roset alami.

Menjelang akhir hidupnya, tanaman bromelia dapat menghasilkan bunga dan bentuk dan warnanya sangat bervariasi di cakrawalarafflesia setiap varietas.

Tanaman bromelia memiliki daun lebar berbentuk pedang atau seperti sendok dan tumbuh di sekitar “cangkir” tengah. Cangkir ini menangkap air di habitat tanaman.

Baca Juga :  Daftar Tanaman Hias yang Tak Butuh Banyak Cahaya Matahari

Cara menumbuhkan tanaman bromelia

Tanaman ini banyak tersedia di pembibitan dan pusat taman. Tanaman bromelia membutuhkan cahaya sedang hingga terang sebagai spesimen dalam ruangan.

Tanaman tersebut tidak membutuhkan pot yang dalam atau tanah pot yang tebal. Bromelia akan tumbuh lebih baik di pot dangkal dan mungkin tumbuh di media tanah rendah seperti campuran anggrek, campuran kulit kayu, lumut sphagnum dan bahan organik lainnya.

Panduan cara merawat tanaman bromelia

Perawatan tanaman Bromelia tergolong mudah dan tidak membutuhkan alat atau pupuk khusus. Seperti dilansir The Spruce, bromelia dapat ditanam di jendela atau di bawah lampu fluorescent. Kebanyakan bromelia tumbuh subur dalam cahaya terang dan tidak langsung.

Di musim panas, mereka bisa ditanam di luar ruangan. Tanaman bromelia mentolerir berbagai suhu dari mendekati titik beku hingga 38 celcius. Mayoritas bromelia paling bahagia dalam suhu yang berkisar cakrawalarafflesia 18 sampai 32 celcius pada siang hari dan 10 hingga 18 celcius pada malam hari.

Baca Juga :  Daftar Calathea Termahal di Indonesia

Kebanyakan bromelia mendapat manfaat dari kelembapan tinggi dan sirkulasi udara yang baik.

Cara mudah untuk meningkatkan kelembapan adalah dengan meletakkan nampan kerikil basah di bawah pot. Ini sangat penting terutama saat pemanas atau AC di rumah Anda menyala. Anda juga dapat membeli baki kelembapan khusus dengan sistem drainase unik yang memungkinkan Anda menjaga air di baki agar tetap lembab.

Bromeliad yang ditanam di udara harus disiram setiap hari dengan cara membasahi tanaman. Mereka juga mendapat manfaat dari direndam, dengan merendam tanaman dalam air seminggu sekali.

Seluruh famili Bromeliaceae umumnya dapat hidup di berbagai iklim dan karakternya tidak suka sinar matahari langsung yang berpotensi merusak daun.

Namun, sinar matahari yang tidak sama sekali juga membuatnya menjadi kusam serta layu. Untuk itu tetap berikan pencahayaan dengan intensitas redup sekitar 30 persen.

(agn)