7 Menu Buka Puasa Sehat di bulan Ramadhan 2021

  • Bagikan
4cbd1bae dates 3435853 640

Banyak dari kita yang mengabaikan menu atau makanan yang akan dikonsumsi waktu berbuka puasa.

Asal perut kenyang dan serta dapat melepas dahaga setelah seharian berpuasa, tanpa memperhatikan makanan atau minuman yang sehat untuk tubuh. Memang, efek jangka pendeknya tidak terasa tapi untuk jangka panjang tentu sangat membahayakan tubuh kita.

Oleh karena itu, awalmude memberikan beberapa menu buka puasa yang sehat dan tentu saja enak dan nikmat. Berikut ini adalah 7 menu buka puasa sehat yang bisa dicoba :

1. Kurma

Kurma, menu buka puasa yang praktis ini selain sunah, juga kaya akan kandungan zat besi, gula, serat, dan mineral. Rasullullah SAW biasa mengawali buka puasa dengan mengkonsumsi 3 biji kurma.

Karena beberapa kandungannya tadi, kurma bisa menghilangkan pusing atau sakit kepala akibat kekurangan kadar gula. Kurma ini tambah enak kalau disajikan dingin setelah disimpan di freezer.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah produk hasil dari Oat, umumnya tanaman ini hanya tumbuh di kawasan subtropis. Tapi, jangan kuatir, Oatmeal mudah didapatkan kok di minimarket/supermarket terdekat. Kelebihan otmeal adalah kaya serat sehingga kita akan merasa cepat kenyang setelah makan oatmeal ini.

Otmeal ini cocok untuk orang yang sedang melaksanakan program diet, jadi jika sobat lagi diet dan menjalankan puasa, jangan takut gemuk ya karena oatmeal bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa.

Baca Juga :  Resep Praktis Sahur: Terong Goreng Tepung

Otmeal ini bisa disajikan dengan menambahkan susu, madu, atau buah-buahan biar lebih bervariasi rasanya.

3. Kolak Biji Salak

Ini adalah kolak dengan bahan utama ubi, jadi bukan biji salak yang keras itu ya. Kolak ini banyak mengandung karbohidrat sehingga cocok untuk kita yang kehabisan tenaga setelah seharian beraktifitas selama berpuasa. 
4140535319

Dengan kuahnya yang kental dan manis, kolak biji salak bisa disajikan dingin atau hangat sehingga badan kita dapat kembali segar dan tentu saja sehat.

4. Sup

Ini buat yang suka seger dan gurih, bisa berbuka puasa menggunakan sup. Dengan isian seperti sayur-sayuran dan daging atau ikan, kandungannya sup tergolong komplit yaitu protein hewani dan nabati.Bagi yang tidak terbiasa buka puasa dengan langsung makan-makanan besar, sup cocok sebagai makanan pembuka untuk memulihkan energi yang hilang saat beraktifitas selama berpuasa seharian.

5. Kelapa Muda

segarnya bisnis es kelapa muda berapa modalnya nnt169Ab0k

Kelapa muda adalah menu buka puasa favorit banyak orang, karena selama bulan puasa banyak di jual di pasar ataupun di pinggir jalan sehingga kita dapat dengan mudah untuk mendapatkannya

Selain sebagai pelepas dahaga, kelapa muda ini juga bisa untuk merecovery ion tubuh yang hilang setelah kita beraktifitas. Jadi sangat cocok sebagai menu buka puasa yang menyehatkan. 

Baca Juga :  Kisah Abdullah bin Masud, Pilar Para Penghafal Alquran

6. Ikan Bakar

Bagi sobat awalmude yang sedang diet, ikan bakar adalah menu yang cocok, karena rendah lemak. Tapi, jangan sampai terlalu lama membakarnya, sebab ikan bisa gosong sehingga mengandung karsinogen, yaitu zat pemicu kanker. Bukan menu sehat lagi kalau sudah begini. πŸ™‚

7. Salad Sayur dan Buah

Tidak diragukan lagi sayur dan buah adalah makanan alami dan tentu saja menyehatkan. Kandungan vitamin dan seratnya, membuat Salad sayur dan buah menjadi menu sehat untuk berbuka puasa.

Sobat tinggal pilih buah dan sayuran favorit untuk dikombinasikan menjadi salad yang akan mengembalikan tenaga kita yang hilang setelah seharian beraktifitas dan berpuasa. Selain menyehatkan, salad ini jika kita konsumsi terlalu banyak tidak membuat perut terasa begah. 

Itulah 7 menu buka puasa yang menyehatkan ala awalmude. Puasa memang memiliki manfaat membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi kalau kita tidak memperhatikan menu yang akan dikonsumsi pada waktu buka puasa, manfaat puasa itu pun menjadi sia-sia. Jadi, penting sekali bagi kita untuk memilih menu yang menyehatkan bagi tubuh. Selamat berpuasa!

  • Bagikan