5 Tanaman Hias yang Bisa Serap Lembap di Kamar Mandi

  • Bagikan
4f82cd94 ilustrasi aglaonema 169

Selain membuat asri taman atau sudut ruangan, tanaman hias juga bisa diletakkan di kamar mandi. Tanaman dapat membantu menyerap lembap. Terdapat sejumlah tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi.

Tanaman hias ini dapat hidup dalam kondisi lembap yang tinggi seperti di kamar mandi. Tumbuhan ini juga akan membuat suasana di kamar mandi lebih segar.

Berikut 5 tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi

1. Chinese Evergreen (Aglaonema Spp)

 

 

 

 

 

 

 

aglaonemaIlustrasi aglaonema, tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi. (Foto: istockphoto/ dropStock)

 

Chinese evergreen atau aglonema merupakan tanaman hias indoor yang tidak memerlukan sinar matahari berlebih sehingga cocok untuk tanaman kamar mandi.

Aglaonema lebih menyukai kadar tanah yang lembap. Kondisi ini membuatnya tumbuh dengan baik. Selain itu, tanaman aglaonema juga mampu menetralkan racun udara seperti formaldehida dan benzena yang terdapat di kamar mandi,

Apabila Anda ingin meletakkannya di kamar mandi, gunakan pot berukuran sedang atau kecil agar tidak memenuhikamar mandi.

2. Lidah Buaya (Aloe vera)

 

 

 

 

 

 

 

Aloe Vera plant in a pot in a tiled bathroom with copy space to the rightLidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi. (Foto: iStockphoto/Peter Carruthers)

 

Tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi selanjutnya adalah lidah buaya. Tumbuhan ini sangat menyukai tempat teduh dan minim sinar matahari.

Meskipun suka dengan tempat lembap, Anda tetap harus memperhatikan tata letaknya jangan sampai pot lidah buaya tergenang air. Genangan air yang terperangkap masuk ke dalam pot Aloe vera bisa merusak pertumbuhannya dan menyebabkan batang busuk.

Tanaman lidah buaya termasuk yang pernah diuji NASA dalam studi udara bersih. Sukulen pada Aloe vera bisa menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen ke udara di sekitarnya.

3. Lidah Mertua (Sansevieria)

 

 

 

 

 

 

 

Sansevieria trifasciata in pots over white brick wall, free spaceLidah mertua atau Sansevieria merupakan tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi. (Foto: iStockphoto/Prostock-Studio)

 

Sama seperti lidah buaya, Sansevieria atau lidah mertua juga masuk kategori tanaman hias yang toleransi pada ruang redup bersuhu lembap seperti di kamar mandi.

Selain membuat suasana kamar mandi menjadi lebih sejuk dan asri, pertumbuhan tanaman lidah mertua ini tidak memakan banyak tempat karena ia akan tumbuh ke atas.

Meskipun Anda meletakkan tanaman lidah mertua di kamar mandi, pastikan tempatnya tidak dekat dengan keran air yang berpotensi membuat tanahnya basah.

Walau ramah pada suhu ruangan lembap, tanaman lidah mertua tetap kurang menyukai kondisi tanah basah. Sehingga pastikan tidak ada air yang menggenang di pot nya.

4. Peace Lily (Spathiphyllum Spp)

 

 

 

 

 

 

 

Spathiphyllum: a white fragrant flower, also called a Peace lily and Women`s happiness. Isolated on neutral gray background.. Copy space. Clipping path.Peace lily merupakan tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi. (Foto: iStockphoto/barbaraaaa)

 

Peace lily merupakan jenis tanaman hias indoor yang memiliki daun mengkilap serta berbunga putih.

Tanaman peace lily ini bisa membawa banyak air dari akar ke daun yang kemudian melepaskan kelembapan kembali ke udara dalam ruangan.

Karakter peace lily sangat sensitif apabila terkena sinar matahari secara langsung sehingga cocok untuk diletakkan di kamar mandi.

Perawatan peace lily pun sangat mudah karena Anda tidak perlu sering menyiramnya yang justru bisa membuat bunga lili jadi layu.

5. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

 

 

 

 

 

 

 

Chlorophytum comosum, Spider plant  in white hanging pot / basket, Air purifying plants for home, Indoor houseplant, Hanging plant, Vertical wall garden, Houseplants With Health Benefits conceptSpider plant tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi(Foto: iStockphoto/yaoinlove)

 

Spider plant atau tanaman hias yang menyerupai kaki laba-laba ini sangat mudah beradaptasi pada kondisi apapun dan termasuk yang mudah tumbuh.

Penggunaan pot untuk tanaman spider plant perlu diperhatikan. Pasalnya, tanaman ini lebih suka pot kecil.

Dari segi perawatan spider plant termasuk mudah. Anda hanya perlu menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu.

Selain itu, spider plant menyukai suhu indoor atau outdoor yang relatif dingin. Sehingga cocok diletakkan di kamar mandi.

Itulah tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi. Pilihlah tanaman hias yang Anda sukai dan letakkan di kamar mandi agar suasana semakin menenangkan.

(avd/ptj)

Baca Juga :  Jenis Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Hias
  • Bagikan
Positive SSL